Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Mengenal Apa itu Keyword Research dan Jenis-jenisnya

Apa itu Keyword Research
ilustrasi Apa itu Keyword Research

Jafarull.com - Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, apa itu keyword research? Apa saja jenis keyword dan manfaatnya? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus tahu definisi dari keyword itu sendiri. 

Apa itu keyword dalam artikel? Berdasarkan literasi yang jafarull baca, keyword merupakan sebuah kata kunci yang digunakan untuk menemukan informasi tertentu. Misalnya kata kunci "buah nanas madu Pemalang". 

Maka orang yang mengetik kata kunci tersebut, berkeinginan mencari informasi seputar Nanas Madu dari Pemalang. Orang tersebut berkeinginan mengetahui bentuk nanas madu Pemalang, rasanya, harganya, hingga masa panennya. 

Sebuah keyword sangat diperlukan di dalam artikel. Karena bisa membantu artikel bersaing di mesin pencari. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset keyword dengan baik.

Apa itu Keyword Research?

keyword research atau yang biasa dikenal dengan riset keyword adalah sebuah metode untuk mencari keyword yang potensial dan bisa mendatangkan traffic. Riset keyword ini menjadi bagian paling mendasar dan sangat penting dalam optimasi SEO. 

Karena dengan melakukan riset keyword secara tepat, maka konten kamu dapat bersaing dengan kompetitor lain. Sehingga kontenmu juga jauh lebih banyak kunjungannya ketimbang kompetitor. 

Manfaat keyword research yakni dapat meningkatkan traffic. Kemudian konten mampu bersaing di mesin pencari. Selain itu, website juga jadi lebih dikenal karena  sering berada di urutan teratas mesin pencari. Sebelum kamu memulai riset keyword, ada baiknya memperhatikan jenis-jenis dari keyword yang dibidik.

Jenis-jenis Keyword Berdasarkan Panjangnya

Berdasarkan panjang pendeknya, keyword terbagi menjadi dua, yakni long tail keyword dan short tail keyword. Untuk lebih jelasnya, simak pemaparan jafarull berikut. 

1. Short Tail Keyword

Short tail keyword merupakan jenis keyword yang umumnya memiliki panjang tidak lebih dari empat suku kata. Keyword yang satu ini memiliki volume pencarian yang sangat besar. Namun persaingannya juga cukup ketat dan susah.

Short tail keyword lebih cocok dibidik oleh website yang memiliki authority tinggi. Karena umumnya website dengan authority tinggi mampu bersaing dengan website besar lainnya. 

Contoh keyword artikel jenis ini yakni "Teks Anekdot", "Contoh Teks Anekdot", "Struktur Teks Anekdot", dan lain sebagainya. 

2. Long Tail Keyword

Long tail keyword merupakan sebuah keyword yang umumnya memiliki panjang lebih dari empat suku kata. Long tail keyword memiliki volume pencarian yang lebih rendah. Oleh karena itu persaingannya juga sangat ringan. 

Keyword jenis ini lebih cocok dibidik oleh website yang masih baru atau yang belum memiliki authority tinggi. Karena persaingan yang tidak terlalu ketat, bisa membuat website mampu bersaing di mesin pencari.

Contoh long tail keyword yakni: "Perbedaan Teks Anekdot Dengan Humor", "Contoh Teks Anekdot Tentang Covid-19", "Sebutkan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot", dan lain sebagainya.

Penutup

Bagaimana sobat, sekarang sudah semakin paham terkait apa itu keyword research kan? Kamu juga jadi lebih tahu tentang pentingnya melakukan riset keyword. Selain itu, beberapa jenis keyword juga wajib kamu perhatikan saat melakukan riset.

Post a Comment for "Mengenal Apa itu Keyword Research dan Jenis-jenisnya"