Salah Satu Golongan yang Berhak Menerima Zakat adalah Mualaf Maksudnya adalah?

salah satu golongan yang berhak menerima zakat adalah mualaf maksudnya adalah
salah satu golongan yang berhak menerima zakat adalah mualaf maksudnya adalah

Jafarull.com - Pernahkah kamu mendapatkan soal tentang salah satu golongan yang berhak menerima zakat adalah mualaf maksudnya adalah? Mari kita bahas soal ini bersama-sama agar mendapatkan jawaban yang tepat.

Dalam agama Islam, pemberian zakat memang telah diatur sedemikian rupa. Bahkan aturan penerima zakat ini telah tertuang dalam Al-Quran surat At-Taubah Ayat 60 yang berbunyi sebagai berikut.

اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلۡفُقَرَآءِ وَالۡمَسٰكِيۡنِ وَالۡعٰمِلِيۡنَ عَلَيۡهَا وَالۡمُؤَلَّـفَةِ قُلُوۡبُهُمۡ وَفِى الرِّقَابِ وَالۡغٰرِمِيۡنَ وَفِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ وَابۡنِ السَّبِيۡلِ‌ؕ فَرِيۡضَةً مِّنَ اللّٰهِ‌ؕ وَاللّٰهُ عَلِيۡمٌ حَكِيۡمٌ

Latin: Innamas sadaqootu lilfuqaraaa'i walmasaakiini wal 'aamiliina 'alaihaa wal mu'al lafati quluubuhum wa fir riqoobi walghaarimiina wa fii sabiilil laahi wabnis sabiili fariidatam minal laah; wal laahu 'Aliimun Hakiim

Artinya: Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

Salah Satu Golongan yang Berhak Menerima Zakat adalah Mualaf Maksudnya adalah?

Muallaf merupakan orang yang baru saja masuk islam. Jadi pada awalnya orang tersebut bukan beragama Islam, kemudian mengenal dan memeluk agama Islam. 

Contohnya: Budi lahir di keluarga Budha atau Buddhisme. Seluruh keluarganya memeluk agama buddha. Namun suatu ketika, Budi tahu tentang Islam dan mencoba mempelajarinya. 

Budi kemudian tertarik untuk memeluk agama Islam dan meninggalkan agama terdahulunya (buddha). Oleh karena itu, budi disebut sebagai mualaf karena baru memeluk agama Islam.

Mengapa Golongan Mualaf Layak Menerima Zakat?

Seperti yang telah jafarull paparkan di atas, dalam surat At-Taubah Ayat 60 dijelaskan bahwa Muallaf termasuk orang yang berhak menerima zakat. Hal ini karena untuk memperkokoh Iman dan taqwa kepada Allah.

Selain itu, seorang Muallaf juga jadi lebuh tahu bahwa Islam itu agama yang indah karena menganjurkan pemeluknya untuk saling berbagi dan menyayangi. 

Tak hanya itu, orang muallaf biasanya baru mengenal Islam. Sehingga ia belum mendalami agama Islam terlalu jauh. Oleh karena itu, ia perlu bimbingan orang lain agar dapat memperdalam agama Islam. 

Cara memperdalam agama Islam yakni dengan mengenalkan dan mengajarkan untuk saling berbagi. Sehingga akan tercipta Islam Rahmatan lil alamin. 

Apakah Mualaf Wajib Zakat?

Berdasarkan literasi yang jafarull baca, seorang muallaf tidak wajib mengeluarkan zakat. Hal ini karena ia masih mendalami agama Islam dan masih perlu bimbingan.

Meskipun muallaf tersebut seorang yang kaya raya, tetapi ia tidak berkewajiban mengeluarkan zakat (saat baru masuk islam). Ia berkewajiban mengeluarkan zakat ketika sudah lebih mengenal islam.

Penutup

Nah itulah pembahasan jafarull mengenai salah satu golongan yang berhak menerima zakat adalah mualaf maksudnya adalah. Sekarang kamu sudah tahu kan tentang Muallaf ini? Kamu juga jadi tahu terkait kewajiban zakat seorang muallaf.

Semoga informasi yang jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman kalian ok. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url