Step by Step Keyword Research Agar Traffic Cepat Melejit

Step by Step Keyword Research
Step by Step Keyword Research

Jafarull.com - Saat menentukan keyword yang akan dibahas, diperlukan step by step keyword research yang tepat. Melakukan riset keyword sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena kita bisa memanfaatkan tools gratisan untuk mencari keyword potensial.

Untuk mendapatkan keyword potensial bagi website, kamu harus tahu tahapan riset keyword. Karena jika melakukan riset keyword asal-asalan, maka bisa jadi keyword yang dibidik tidak akan sesuai keinginan. 

Step by Step Keyword Research

Ada beberapa tahapan-tahapan yang harus kamu lakukan saat melakukan riset keyword. Beberapa tahapan tersebut telah jafarull rangkum sebagai berikut. 

1. Tentukan Tujuan 

Tahap pertama yang harus dilakukan yakni menentukan tujuan. Apakah riset keyword yang kamu lakukan untuk mendatangkan traffic secara langsung (keyword viral), atau untuk mencari keyword evergreen. 

Keduanya tentu membutuhkan research keyword tools yang berbeda. Karena ketika ingin mencari keyword viral, maka kamu perlu menggunakan tools Google Trend. Sedangkan jika ingin mencari keyword evergreen, kamu membutuhkan tool seperti Ahrefs Keyword Generator atau Google Keyword Planner. 

2. Tentukan Topik yang Akan Dibahas

Langkah selanjutnya yakni menentukan topik yang ingin dibahas. Sebaiknya topik yang akan dibahas tidak jauh dari niche website milikmu. Organic keyword research yang sesuai topik website bisa membuat website jadi lebih kredibel. 

Karena satu topik pembahasan menandakan bahwa kita menguasai topik tersebut. Misalnya saja, jika website kamu membahas tentang teknologi, maka kamu bisa mencari keyword tentang tutorial hp, tutorial sosmed (Tiktok, WhatsApp, Instagram, dan lain-lain). 

3. Tentukan Tools Riset Keyword yang Akan Digunakan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kamu bisa mengandalkan beberapa tools. Misalnya saja jafarull akan mencari keyword evergreen, maka jafarull bisa memakai Ahrefs keyword Generator. 

Ahrefs keyword Generator
ilusttrasi Ahrefs keyword Generator

Tools yang satu ini merupakan tools gratis yang cukup bermanfaat. Karena kita bisa menampilkan keyword yang relevan, kemudian bisa mengetahui volume keyword, hingga persaingan dari keyword tersebut. 

4. Cek Persaingan Keyword

Ketika kamu memakai tools Ahrefs versi gratis, disamping keyword akan ada tingkat persaingan dari keyword tersebut. Namun persaingan tersebut hanya berupa rendah, sedang, hingga ketat. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengecek persaingan lebih detail menggunakan metode "allintitle:". Kamu hanya perlu menyalin keyword yang dibidik kemudian mencarinya di Google. 

metode Allintitle
metode Allintitle

Setelah itu, ketik allintitle: keyword kamu (misal, Allintitle: cara menyadap WhatsApp lewat Google), kemudian klik cari. Dengan demikian maka akan muncul berapa website yang menggunakan keyword tersebut di Google search (lihat pada gambar).

Jika menurutmu keyword tersebut terlalu sulit untuk menembus page one, maka sebaiknya hindari. Tetapi jika menurutmu website kamu masih mampu untuk bersaing di keyword tersebut, maka kamu bisa bahas keyword yang dibidik tadi. 

5. Cari LSI Keyword

Tahap terakhir yakni mencari LSI (Latent Semantic Indexing) di Google. LSI bisa diartikan sebagai keyword yang masih berhubungan dengan keyword utama (yang dicari).   

Misalnya, jika Jafarull membidik keyword "cara menyadap WhatsApp lewat Google", maka nantinya akan muncul keyword yang berhubungan. Keyword tersebut akan muncul di bagian Orang lain juga menelusuri, Orang juga bertanya, hingga Penelusuran terkait. 

Kamu bisa memilih LSI yang sesuai dengan pembahasan pada artikel yang kamu buat. Jangan gunakan LSI terlalu banyak, sebaiknya sesuaikan saja dengan jumlah kata yang akan kamu tulis dalam artikel.

Penutup

Demikianlah beberapa tahapan riset keyword untuk mendapatkan keyword potensial. Sekarang sudah paham kan, ternyata mencari keyword potensial harus dimulai dari tujuan, penentuan topik, penentuan tools, pengecekan persaingan, hingga pencarian LSI. 

Semoga pembahasan tentang Step by step keyword research yang telah jafarull sampaikan diatas dapat bermanfaat ya. Jangan lupa share informasi ini kepada teman-teman kalian ok.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url