Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Akibat Orang Yang Tidak Mau Mengeluarkan Zakat Fitrah Adalah

Akibat orang yang tidak mau mengeluarkan zakat fitrah adalah
Akibat orang yang tidak mau mengeluarkan zakat fitrah adalah

Jafarull.com - Tahukah kamu, Akibat orang yang tidak mau mengeluarkan zakat fitrah adalah apa? Mari bahas bersama Jafarull, karena Jafarull akan mengulasnya secara mendalam untuk kamu semua. 

Zakat fitnah dilaksanakan oleh setiap muslim dan muslimah ketika bulan Ramadhan. Hukum membayar zakat adalah wajib bagi orang yang beragama Islam. Karena zakat telah diatur di dalam Al-Quran. 

Misalnya saja di dalam surat Az-zariyat ayat 19, Allah dengan tegas memerintahkan kita untuk bersedekah karena harta yang kita peroleh ada campur tangan orang lain. 

"Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta, dan orang miskin yang tidak mendapat bagian." (az-Zariyat: 19).

Dari ayat tersebut sudah sangat jelas, bahwa harta yang diperoleh ada sebagian hak untuk orang lain. Oleh karena itu, untuk mensucikan harta yang dimiliki harus dengan zakat. Karena ketika kita tidak mau membayar zakat, akan mendapatkan dosa. 

Lantas, Apa saja akibat orang yang tidak mau mengeluarkan zakat? Simak penjelasan Jafarull di bawah ini hingga tuntas ya.

Akibat Orang yang Tidak Mau Mengeluarkan Zakat Fitrah adalah

Sebenarnya di dalam Al-Quran, Allah telah mengancam orang yang tidak mau membayar zakat. Ancaman bagi orang yang tidak mau mengeluarkan zakat terdapat pada surah At-Taubah ayat 34-35 sebagai berikut. 

 وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ (34) يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُون (35)   

Artinya: "Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih.” (34) “(Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (35)

Dari ayat di atas, Jafarull bisa menyimpulkan dampak atau akibat seseorang yang tidak mau mengeluarkan zakat fitrah adalah sebagai berikut. 

1. Akan Mendapatkan Azab yang Pedih

Seperti yang telah dijelaskan pada ayat di atas, orang yang tidak mau bayar zakat maka diancam dengan azab yang sangat pedih. 

Azab tersebut bisa datang saat ia masih hidup di dunai atau bisa saja saat dia di akhirat. Jika di dunia, maka akan mengalami musibah yang menghinakan (sakaratulmaut yang susah misal).

2. Masuk ke dalam Neraka Jahannam

Allah juga mengancam orang yang tidak bayar zakat dengan neraka Jahannam. Neraka tersebut merupakan tingkatan neraka paling pedih siksaannya. 

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, neraka Jahannam dihuni oleh orang-orang yang sangat jauh dengan Allah (orang-orang berbuat dosa besar dan menyekutukan Allah). 

3. Akan Mendapatkan Siksa yang Pedih

Orang yang tidak mengeluarkan zakat, maka kelak hartanya akan diubah menjadi cairan bara api atau larva. Kemudian larva tersebut akan disiramkan kepada kita.

Kita akan meminum larva yang sangat panas tersebut hingga lambung mendidih. Selain itu, kita juga akan disetrika dengan harta tersebut sebagai azab atas apa yang kita perbuat.

4. Harta yang Diperoleh Tidak Berkah

Orang yang tidak mengeluarkan zakat fitrah, bisa saja harta yang ditumpuknya itu tidak akan berkah. Ia akan merasa sangat kurang dan tidak akan merasa puas. 

Ia juga tidak akan pernah merasakan kenikmatan dari harta yang dimilikinya. Karena ambisinya untuk terus menumpuk harta dan menjauhkannya dari keberkahan. 

5. Tidak Disukai Allah

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang pelit. Allah juga tidak suka dengan orang yang hanya mementingkan dirinya saja serta tidak peduli orang lain.

Karena itu, ketika kamu tidak berzakat, bisa jadi kamu tidak disukai oleh Allah. Karena zakat merupakan bentuk kedermawanan dan rasa saling berbagi sesama umat Islam.

6. Bisa Menjauh dari Jalan Allah

Umumnya, orang yang tamak dan tidak disukai Allah, akan dibiarkan saja hingga ia menjadi tersesat. Nah orang yang tidak membayar zakat padahal ia mampu, ia juga akan menjauh dari jalan Allah. 

Penutup

Bagaimana sobat? Sudah tahu kan apa saja Akibat orang yang tidak mau mengeluarkan zakat fitrah adalah? Ternyata ancamannya sungguh luar biasa. 

Karena itu, pastikan kita menjadi orang yang baik dengan menunaikan kewajiban ya. Semoga informasi yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok. 

Post a Comment for "Akibat Orang Yang Tidak Mau Mengeluarkan Zakat Fitrah Adalah"