Batas Antara Alam Dunia dan Alam Akhirat Disebut

Batas Antara Alam Dunia dan Alam Akhirat Disebut
Batas Antara Alam Dunia dan Alam Akhirat Disebut

Jafarull.com - Tahukah kamu, batas antara alam dunia dan alam akhirat disebut apa? Simak jawaban dari Jafarull berikut ini agar kamu mendapatkan jawaban yang lebih tepat. 

Di dalam agama Islam, kita memang akan mengalami beberapa alam setelah alam dunia. Perjalanan dari alam dunia hingga akhirat juga cukup panjang. 

Karena itu, kita diperintahkan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sedini mungkin. Karena ketika kita telah mati, kita tidak bisa beramal lagi. 

Batas Antara Alam Dunia dan Alam Akhirat Disebut? 

Seperti yang telah Jafarull sebutkan di atas, kita akan mengalami beberapa alam hingga menuju akhirat. 

batas antara alam dunia dan alam akhirat disebut alam barzah atau alam kubur. Hal ini karena alam kubur masih memiliki hubungan dengan alam dunia. 

Kuburan secara fisik letaknya berada di dunia. Oleh karena itu, mereka yang telah meninggal masih bisa melihat kita yang hidup di dunia. Namun kita tidak bisa melihat mereka. 

Mereka yang telah meninggal, akan berada di alam kubur hingga hari kiamat datang. Alam kubur merupakan persinggahan sementara untuk menuju alam akhirat. Setelah dunia ini kiamat, maka semua yang telah mati akan dibangkitkan (hari kebangkitan). 

Setelah dibangkitkan, kita semua akan dikumpulkan di padang mahsyar. Di situlah amal ibadah kita akan dihitung dan ditimbang (hari perhitungan amal). Apabila amal kita telah dihitung dan ditimbang, maka selanjutnya akan mendapatkan hari mengalami hari pembalasan. 

Siapa yang berbuat keburukan selama di dunia, pasti akan mendapatkan balasannya di akhirat (berupa neraka). Sedangkan orang yang berbuat amal baik di dunia, ia akan mendapatkan balasan Surga.

Kegiatan di Alam Barzah

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, setelah kita mati selanjutnya apa yang kita lakukan di alam Barzah. Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, saat di alam barzah kita tidak bisa melakukan apa-apa. 

Artinya, kita sudah tidak bisa berbuat baik, kita tidak bisa beribadah, kita tidak bisa menambah amal baik lagi. Karena di alam Barzah, kita hanya menunggu hingga hari kebangkitan tiba. 

Di alam Barzah, kita hanya ditemani oleh amal yang telah diperbuat selama hidup di dunia. Apabila kita sering beramal baik, maka kubur kita akan dilapangkan dan cerah. 

Berbeda lagi jika selama kita hidup hanya bermaksiat dan berbuat dosa. Maka saat berada di alam Barzah, kita akan mendapatkan siksa kubur. 

Oleh karena itulah, selagi masih hidup di dunia hendaknya selalu berbuat baik. Jangan lupa juga untuk mendoakan orang-orang terdahulu yang telah meninggal. Agar Allah memberikan kelapangan dalam kuburnya.

Penutup

Sekarang sudah tahu kan, batas antara alam dunia dan alam akhirat disebut alam apa? Semoga informasi Jafarull kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ya. Agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url