Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Cara Kita Beriman Kepada Rasul-rasul Allah Swt Adalah

Cara Kita Beriman Kepada Rasul-rasul Allah Swt
Cara Kita Beriman Kepada Rasul-rasul Allah Swt

Jafarull.com - Cara kita beriman kepada rasul-rasul Allah Swt adalah? Mari simak pembahasan Jafarull. Karena Jafarull akan mengulas soal tersebut secara lengkap dan mendalam. 

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, mengapa kita harus beriman kepada Rasul? Kita harus beriman kepada Rasul karena menjadi bagian dari rukun iman yang keempat.

Selain itu, Rasul juga merupakan orang yang menyampaikan dan menjalankan perintah Allah kepada umatNya. Oleh karena itu, kita perlu mengimani Rasul-rasul Allah.

Namun pertanyaannya, bagaimana caranya beriman kepada Rasul-rasul Allah? Apakah harus mengamalkan amalan-amalan khusus? Simak artikel Jafarull hingga selesai ya.

Cara Kita Beriman Kepada Rasul-rasul Allah SWT adalah

Mengutip dari berbagai sumber, terdapat beberapa cara yang bisa kita terapkan sebagai bentuk cara beriman kepada Rasul Allah. Beberapa cara tersebut telah Jafarull rangkum sebagai berikut. 

1. Percaya Bahwa Rasul Adalah Utusan Allah

Cara beriman terhadap nabi dan rasul Allah adalah dengan percaya dan meyakini bahwa Rasul merupakan utusan Allah. 

Kita perlu meyakini dengan sepenuh hati bahwa mereka diciptakan Allah untuk menyampaikan kebenaran. 

2. Mengimani Keberadaan Rasul-rasul Allah

Sebenarnya jumlah Rasul yang ada di bumi ada 315 (ada juga pendapat yang mengatakan bahwa Rasul jumlahnya 312 atau 313). Berapapun jumlahnya, yang terpenting kita harus tetap yakin tentang adanya keberadaan Rasul-rasul Allah. 

Dari sekian banyaknya Rasul, kita mengimani Rasul Allah sebanyak 25 Nabi dan Rasul. Ke 25 Rasul tersebut wajib kita ketahui dan kita imani.

3. Mempercayai Kebenaran dari Ajaran yang Disampaikan Rasul-rasul Allah

Bagaimana cara kita mengimani nabi dan rasul sebutkan 3 saja? Nah yang nomor tiga yakni kita harus percaya bahwa ajaran yang disampaikan Rasul adalah benar. 

Ajaran yang disampaikan Rasul kepada umatNya merupakan perintah dari Allah. Oleh karena itu, tidak ada keraguan bagi kita untuk mengingkari kebenaran ajaran Rasul. 

Meski begitu, sebagai umat Islam, kita hanya perlu menerapkan ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad. 

4. Mengimani Kerasulannya 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada 25 Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui. Kita wajib juga mengimani kerasulan dari 25 Nabi dan Rasul tersebut. 

5. Meneladani Akhlak Rasul-rasul Allah

Cara beriman kepada Rasul Allah yang berikutnya adalah dengan meneladani akhlak mereka. Kita bisa mencontoh dan menerapkan akhlak para Rasul. 

6. Melaksanakan Perintah Allah dan Rasul

Selain meneladani akhlak Rasul, kita juga perlu melaksanakan perintah rasul untuk berbuat kebaikan. 

Makna beriman kepada Rasul-rasul Allah sebenarnya untuk mengukuhkan hati dan diri agar senantiasa bertaqwa kepada Allah. Dengan beriman kepada Allah, kita bisa lebih tergugah untuk terus berbuat baik dan bertaqwa kepada Allah.

7. Memperbanyak Bersholawat

Cara mengimani rasul-rasul Allah yang berikutnya yakni dengan bersholawat. Karena sholawat menunjukkan rasa cinta kita kepada Rasul khususnya Nabi Muhammad. 

8. Memperbanyak Doa

Rasul-rasul Allah senantiasa menganjurkan umatnya untuk berbuat baik dan memperbanyak doa. Dengan berdoa, kita bisa merasa lebih dekat dan merasa butuh dengan Allah. 

9. Memperbanyak Bacaan Al-Quran

Nabi Muhammad diberi mukjizat berupa kitab al-quran. Cara beriman kepada Rasul yakni bisa dengan memperbanyak membaca Al-Quran. 

Karena Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi umat manusia. Oleh karena itu, dengan bacaan Al-Quran yang banyak, kita akan merasa lebih tenang dalam menjalani hidup.

10. Selalu Berbuat Baik kepada Sesama

Terakhir, cara beriman kepada Rasul-rasul Allah yakni dengan selalu berbuat baik kepada sesama. Hal ini karena semua Rasul mengajarkan untuk berbuat baik. 

Dengan kita melaksanakan perbuatan yang baik, maka kita juga termasuk mengimani dan menerapkan apa yang telah diperintahkan Rasul-rasul Allah.

Penutup

Sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara kita beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT adalah? Semoga informasi yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Jangan lupa untuk terus belajar agar kamu bisa meraih mimpi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini kepada teman-teman kalian ok.

Post a Comment for "Cara Kita Beriman Kepada Rasul-rasul Allah Swt Adalah"