Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh Perilaku Pengamalan Asmaul Husna Al Quddus

perilaku pengamalan asmaul husna Al Quddus
perilaku pengamalan asmaul husna Al Quddus

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan membagikan beberapa perilaku pengamalan asmaul husna Al Quddus. Jafarull akan memaparkan materi ini secara detail agar kamu lebih paham.

Sebelumnya kamu harus tahu, asmaul husna ada 99. Semua asmaul husna merupakan nama-nama yang baik yang dimiliki oleh Allah.  

Salah satu nama Allah yakni Al Quddus yang artinya maha suci. Firman Allah dan dzatNya sangat suci. Tidak ada makhluk yang bisa menyerupai Allah. 

Sifat Al Quddus juga tergambar dalam Al-Quran surat Al Hasyr ayat 23 yang berbunyi sebagai berikut. 

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Latin: huwallāhullażī lā ilāha illā huw, al-malikul-quddụsus-salāmul-mu`minul-muhaiminul-'azīzul-jabbārul-mutakabbir, sub-ḥānallāhi 'ammā yusyrikụn

Artinya: "Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan." (QS. Al Hasyr: 23).

Perilaku Pengamalan Asmaul Husna Al Quddus

perilaku pengamalan asmaul husna Al Quddus
contoh perilaku pengamalan asmaul husna Al Quddus

Seperti yang telah Jafarull sampaikan sebelumnya, Al-Quddus artinya maha suci. Karena itu, perilaku manusia yang mencerminkan Al Quddus pasti akan berhubung dengan kesucian. Untuk lebih jelasnya, mari simak pemaparan Jafarull berikut ini. 

1. Menjaga Wudhu

Perilaku yang tercermin dari Sifat Al Quddus yakni selalu menjaga wudhu. Dalam agama Islam wudhu merupakan bersuci dari kotoran dan najis. 

Orang yang senantiasa berwudhu maka dirinya menjaga kebersihan diri. Dengan berwudhu, orang tersebut akan berada dalam kondisi suci dari kotoran dan najis.

2. Menjaga Kebersihan Pakaian

Perilaku kehidupan sehari hari yang sesuai dengan Asmaul Husna al Quddus adalah selalu menjaga kebersihan pakaian. Jadi pakaian yang kita gunakan setiap hari akan senantiasa di jaga kebersihannya.

Misalnya saja setiap ada kotoran atau noda yang menempel di baju, ia segera menghilangkan dan membersihkan kotoran tersebut. 

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Sebutkan 3 perilaku yang sesuai dengan Asmaul husna Al Quddus? Nah untuk contoh perilaku yang nomor tiga adalah senantiasa menjaga lingkungan sekitar. 

Misalnya saja ketika baru bangun tidur, ia akan merapikan tempat tidur. Kemudian ketika di sekitar rumah terdapat sampah atau kotoran, maka ia akan berusaha membersihkannya tanpa disuruh. 

4. Tidak Buang Sampah Sembarangan

Pesan dari Asmaul Husna Al Quddus adalah mengajarkan kita pada kebersihan. Slah satu bentuk menjaga kebersihan yakni dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Jadi ketika ia baru selesai makan, maka ia akan membuang sampahnya ke tong sampah. Kemudian saat ia melihat orang lain melanggar aturan, maka kamu bisa menasehati atau memberikan edukasi pentingnya menjaga kebersihan. 

5. Selalu Bertutur Kata yang Baik

Salah satu pesan dari asmaul husna al-quddus adalah jika berkata tidak kasar dan tidak kotor. Artinya apa yang dikatakannya merupakan kata kata yang baik dan lembut.

Ia tidak akan berkata kasar saat berbicara dengan orang lain. Ia akan lebih memperhatikan setiap kata yang keluar dari mulutnya. 

6. Menjauhi Perbuatan Buruk dan Maksiat

Perilaku pengamalan asmaul husna Al Quddus yang berikutnya yakni selalu menghindari perbuatan buruk dan maksiat. Ketika ada teman yang terang-terangan bermaksiat, maka ia akan menasehati. 

Ia juga akan senantiasa menjaga kesucian dirinya dari makan-makanan yang haram. Jadi sebisa mungkin ia akan memilih makanan yang halal serta senantiasa berbuat baik kepada sesama. 

7. Memaafkan Orang Lain 

Terakhir, perilaku dari pengamalan Al Quddus adalah senantiasa memaafkan orang lain. Ia akan berusaha memaafkan orang-orang yang telah menjahatinya. 

Ketika ada orang yang jahat kepadanya, ia tidak akan dendam. Justru dirinya akan mengadu dan memohon perlindungan kepada Allah. 

Penutup

Demikianlah beberapa contoh perilaku pengamalan asmaul husna Al Quddus yang ada di kehidupan sehari-hari. Semoga penjelasan jafarull kali ini dapat bermanfaat ya.

Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman kalian oke. Agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui. Jangan lupa juga untuk terus belajar, agar bisa mendapatkan apa yang dicita-citakan.

Post a Comment for "Contoh Perilaku Pengamalan Asmaul Husna Al Quddus"