Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Doa Anak Terhindar dari Zina Beserta Tata Cara Menghindarinya

doa anak terhindar dari zina
doa anak terhindar dari zina

Jafarull.com - Tahukah kamu, apa doa anak terhindar dari zina? Simak ulasan Jafarull berikut ini agar kamu dan keluarga bisa menghindari perbuatan tercela ini.

Zina merupakan dosa besar yang menurunkan derajat manusia. Orang yang berzina bahkan lebih rendah ketimbang binatang. Karena ia memiliki akal namun tidak digunakan dengan semestinya. 

Perbuatan zina tentu akan menimbulkan dampak buruk bagi pelakunya dan keluarga. Oleh karena itu, perbuatan ini harus dihindari agar keluarga jadi lebih aman dan tentram. Berikut ini Jafarull akan sampaikan doa agar anak bisa terhindar dari perbuatan dosa zina.

Doa Anak Terhindar dari Zina

doa anak terhindar dari zina
Ilustrasi doa anak terhindar dari zina

Mengutip dari berbagai sumber, terdapat beberapa bacaan doa yang bisa kamu amalkan agar anak terhindar dari perbuatan dosa, khususnya zina.

1. Doa agar Anak Dijauhkan dari Perbuatan Maksiat

Pertama ada doa untuk memohon kepada Allah agar anak kita bisa terhindar dari maksiat, khususnya dosa zina. Untuk bacaannya sebagai berikut.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ ذَنْبَهُ وَطَهِّرْ قَلْبَهُ وَحَصِّنْ فَرْجَهُ

Latin: Allahummaghfir dzanbahu, Wathohhir qalbahu, Wahashshin farjahu,

Artinya: “Ya Allah ampunilah dosanya, sucikanlah hatinya, dan jagalah kemaluannya.”

Keterangan: (”hu” untuk anak laki. Sedangkan “Ha” untuk anak perempuan).

2. Doa Dijauhkan dari Zina

Doa berikut ini mungkin cukup populer karena sering dibaca saat memohon ampunan kepada Allah. Berikut bacaan doanya yang bisa kamu amalkan.

Bacaan Latin: "Allahumma inni a’uzu bika min syarri sam’i wa min syarri bashori wa min syarri lisani wa min syarri qolbi wa min syarri maniyyi."

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari buruknya pendengaranku, buruknya penglihatanku, buruknya lidahku, dan dari buruknya hatiku serta buruknya air maniku.”

3. Cara Doa agar Anak Terhindar dari Perbuatan Buruk

Terakhir, jika kamu ingin anak tidak bermaksiat atau dijaga dari perbuatan zina, maka saat baru lahir harus diadzani di kuping kanan dan iqomah di kuping kiri. 

Hal ini karena suara pertama manusia lahir ke dunia dan suara terakhir manusia meninggalkan dunia adalah Lailaha Illallah. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan pada halaman jatim.nu.or.id yang menegaskan:

ويكون اعلامه بالتوحيد أول ما يقرع سمعه حين قدومه الى الدنيا كما يكون آخر ما يسمعه بالتلقين حين خروجه منها فانه ورد لقنوا موتاكم لا اله الا الله. 

Artinya: Adzan ini merupakan media mengenalkan anak kepada tauhid (pengesaan Tuhan) di saat pertama kalinya diketukkan pada telinga anak ketika dia datang di dunia sebagaimana talqin yang diajarkan pada waktu dia akan meninggalkan dunia. Sebab ada hadits yang mengatakan ‘talqinkan orang mati kalian dengan La ilaha illallah.

Cara Agar Anak Terhindar dari Perbuatan Zina

doa anak terhindar dari zina
Ilustrasi cara agar terhindar dari zina

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar anaknya tidak terjerumus dalam perbuatan zina. Beberapa cara tersebut telah Jafarull rangkum sebagai berikut.

1. Batasi Pergaulan dengan Lawan Jenis

Cara pertama adalah dengan membatasi pergaulan. Pastikan orang tua tahu anaknya bermain dengan siapa saja. Jangan biarkan anak bermain dengan lawan jenis secara bebas. 

Misalnya saja bermain dengan lawan jenis hanya di siang hari dan tempat ramai, kemudian tidak berada di tempat-tempat sepi, serta tidak membiarkan anak keluyuran hingga malam dengan kawan jejis.

2. Beri Edukasi

Orang tua juga harus aktif memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga pergaulan dalam Islam. Saat memberikan edukasi, sebaiknya dengan nada dan cara bicara yang baik, agar anak tidak tersinggung.

Misalnya saja beri edukasi sembari ngobrol dan memberikan contoh nyata akibat pergaulan bebas. Kemudian ceritakan dampak negatifnya jika itu terjadi. 

3. Ajarkan untuk Lebih Dekat dengan Agama Islam

Apakah ada Cara pacaran agar terhindar dari zina? Jawabannya tentu saja tidak ada. Pacaran hanya menjerumuskan seseorang untuk dekat dengan zina. 

Oleh karena itu, sebagai orang tua harus memberikan arahan kepada anaknya agar lebih dekat dengan agama. Karena dengan kita mendekatkan diri dengan agama, Insya Allah kita dan keluarga akan dijaga dari perbuatan tercela seperti zina.

4. Ajarkan untuk Sholat Tepat Waktu

Sholat tepat waktu bisa memupuk kebiasaan baik bagi seseorang. Jadi orang tersebut akan senantiasa menjalankan perbuatan baik dalam hidupnya. 

Orang tua juga perlu mengajarkan dan mencontohkan untuk sholat tepat waktu. Sehingga sang anak bisa belajar dan mencontoh orang tuanya. Dengan begitu, anak juga akan terhindar dari perbuatan buruk. 

5. Bimbing untuk Membaca Al-Quran

Terakhir, bimbing anak untuk membaca Al-Quran. Sejatinya Al-Quran merupakan kitab Allah yang dijadikan sebagai petunjuk bagi manusia. 

Orang yang senantiasa membaca Al-Quran, tentunya akan diberi ketenangan hati dan petunjuk hidup. Dengan demikian, anak juga akan terhindar dari dosa-dosa besar seperti zina.

Penutup

Demikianlah pembahasan Jafarull mengenai doa anak terhindar dari zina beserta tata cara menghindarinya. Kamu bisa mempraktekkan cara di atas agar tetap mendapatkan hidayah dari Allah dan selalu dijaga oleh Allah.

Semoga informasi yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok.

Post a Comment for "Doa Anak Terhindar dari Zina Beserta Tata Cara Menghindarinya"