Hari Kebangkitan Manusia dari Alam Kubur Disebut?

Hari Kebangkitan Manusia dari Alam Kubur
Hari Kebangkitan Manusia dari Alam Kubur

Jafarull.com - Tahukah kamu, hari kebangkitan manusia dari alam kubur disebut apa? Mari kita bahas soal ini bersama Jafarull. Agar kamu mendapatkan jawaban yang lebih tepat dan akurat.

Dalam kehidupan ini, terdapat beberapa alam yang akan kita lalui setelah mati di dunia. Misalnya saja mulai dari alam barzah atau alam kubur, hingga alam pembalasan semua amal yang pernah dilakukan. 

Umumnya setelah manusia mati atau meninggal dunia. Maka ia akan berada di alam kubur. Lantas kapan manusia mengakhiri alam Barzah? 

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, manusia akan meninggalkan alam barzah ketika dunia telah lenyap. Karena saat dunia masih ada, maka orang yang telah meninggal akan tetap berada di alam Barzah.

Hari Kebangkitan Manusia dari Alam Kubur Disebut?

Seperti yang telah Jafarull jelaskan di atas, nantinya kita akan memasuki alam Barzah atau alam kubur kemudian kita akan dibangkitkan kembali. 

Hari kebangkitan manusia dari alam kubur disebut Yaumul Ba'ats. Hari kebangkitan ini ditandai dengan tiupan sangkakala yang kedua oleh malaikat Israil. 

Jadi pada tiupan sangkakala yang pertama, semua makhluk akan lenyap dan hancur. Kemudian tiupan yang kedua, semua makhluk akan dibangkitkan kembali. 

Orang yang dibangkitkan dari alam kubur diarahkan menuju suatu tempat yaitu Padang mahsyar. Tempat tersebut akan menjadi tempat dikumpulkannya semua manusia dari zaman Nabi Adam hingga kiamat. 

Setelah semua manusia dikumpulkan, maka akan dihitung amalnya dan ditimbang. Setelah itu, barulah kita semua mendapatkan balasan (surga atau neraka). 

Apabila kita senantiasa berbuat baik di alam dunia dan timbangan amal sholeh lebih berat ketimbang amal buruk, maka bisa saja kita akan mendapatkan balasan surga. 

Sementara bagi kita yang berbuat buruk, gemar bermaksiat, dan jauh dari Allah. Maka suatu saat nanti akan mendapatkan balasan berupa panas api neraka.

Penutup

Jadi sekarang sudah tahu kan, hari kebangkitan manusia dari alam kubur disebut apa? Semoga informasi yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui. Jangan lupa untuk terus belajar ya, agar impianmu bisa terwujud.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url