Introspeksi Diri Merupakan Salah Satu Pengamalan Asmaul Husna?

introspeksi diri merupakan salah satu pengamalan asmaul husna
introspeksi diri merupakan salah satu pengamalan asmaul husna

Jafarull.com - Tahukah kamu, introspeksi diri merupakan salah satu pengamalan asmaul husna apa? Mari bahas bersama Jafarull, karena Jafarull akan memaparkan penjelasan sedetail mungkin. 

Sebelumnya kamu harus tahu, Introspeksi diri adalah cara seseorang melihat dirinya sendiri mulai dari kesalahan, perbuatan, dan menyadari apa yang dimiliki sekarang.

Introspeksi diri dalam Islam juga sangat dianjurkan. Setiap muslim dianjurkan berintrospeksi diri setiap harinya. 

Apakah pada hari itu ia lebih banyak mengerjakan amal sholeh atau justru lebih banyak mengerjakan amal buruk. 

Jika hari itu ia lebih banyak mengerjakan kebaikan, maka esok harinya harus ditingkatkan. Sedangkan jika hari itu ia lebih banyak melakukan keburukan, maka ia harus bertobat dan memperbaiki diri lagi.

Introspeksi Diri Merupakan Salah Satu Pengamalan Asmaul Husna?

Introspeksi diri asmaul husna juga harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kira-kira introspeksi diri termasuk dalam pengamalan asmaul husna apa? 

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, Introspeksi diri termasuk salah satu pengamalan dari Al Bashir. Mengapa? Karena Al Bashir artinya maha melihat. 

Sedangkan Instrospeksi diri juga sama-sama melihat semua kesalahan atau perbuatan pada diri sendiri. Jadi keduanya sama-sama mempunyai makna melihat. 

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa bentuk pengamalan asmaul husna Al Bashir dalam kehidupan yang Jafarull paparkan berikut ini. 

  • Selalu introspeksi diri 
  • Melihat dan memuji tanda-tanda kebesaran Allah yang ada di alam semesta
  • Memperhatikan orang lain atau guru yang sedang menjelaskan
  • Menggunakan mata untuk melihat hal-hal yang baik
  • Tidak melihat orang lain dari luarnya saja
  • Tidak menggunakan mata untuk bermaksiat.

Beberapa pengamalan asmaul husna Al Bashir di atas agaknya harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar nantinyakita bisa mendapatkan ketenangan dan petunjuk hidup dari Allah SWT.

Penutup

Sekarang sudah tahu kan, introspeksi diri merupakan salah satu pengamalan asmaul husna apa? Semoga ulasan yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url