Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Lailatul Qadar Terjadi di Malam-malam Ganjil Bulan Ramadhan, Tanggal-tanggal Tersebut adalah?

Lailatul Qadar Terjadi di Malam-malam Ganjil Bulan Ramadhan
Lailatul Qadar Terjadi di Malam-malam Ganjil Bulan Ramadhan

Jafarull.com - Mungkin kamu sudah tahu, bahwa lailatul qadar terjadi di malam-malam ganjil bulan ramadhan. tanggal-tanggal tersebut adalah? Simak pembahasan Jafarull berikut ini. 

Salah satu malam di bulan Ramadhan ada malam yang lebih baik daripada 1000 bulan yaitu malam Lailatul Qadar. 

Malam tersebut merupakan malam yang sangat istimewa. Bagaimana tidak, umat Islam bisa mendapatkan kebaikan setara 1000 bulan hanya dalam satu malam. 

Tak heran jika banyak diantara kita yang mencoba memburu malam penuh keberkahan ini. Lantas tanggal berapa malam Lailatul qadar terjadi? 

Tanggal-tanggal Terjadinya Malam Lailatul Qadar

Mungkin kamu juga penasaran dengan malam Lailatul Qadar 2022 terjadi pada tanggal berapa. Oleh karena itu, mari simak penjelasan berikut. 

Dalam sebuah hadist, Rasulullah pernah mengisyaratkan mengenai kedatangan Malam Lailatul Qadar. Rasull SAW bersabda yang 

"Carilah Lailatul Qadar itu pada malam-malam ganjil di sepuluh terakhir Bulan Ramadan" (HR.Bukhari).

Selain hadist di atas, ada juga Hadist yang menerangkan bahwa Rasulullah memburu malam lailatul qadar ketika memasuki 10 hari terakhir. 

"Dari Aisyah Radhiyallahu 'anha, ia berkata, 'Rasulullah SAW ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, Beliau bersungguh-sungguh dalam ibadah (dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah." (HR Bukhari dan Muslim).

Dari kedua hadist di atas kita bisa menyimpulkan bahwa malam lailatul qadar datang pada malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. 

Hal ini bisa kita simpulkan bahwa malam lailatul qadar bisa saja terjadi pada tanggal 21, 23, 25, 27, atau bahkan 29 Ramadhan. 

Jika awal Ramadhan jatuh pada tanggal 3 April 2022 dan lebaran pada 3 Mei 2022, maka Malam lailatul qadar bisa saja jatuh pada tanggal 23 April, 25, 27, 29 April, dan 1 Mei 2022. 

Berdasarkan hitungan tersebut, mungkin pertanyaan Kapan malam Lailatul Qadar sudah terjawab dengan jelas ya. Nah tugas kita selanjutnya adalah beribadah atau meningkatkan ibadah di malam-malam tersebut. 

Dengan selalu beribadah kepada Allah, semoga saja kita menjadi termasuk orang-orang yang mendapatkan kesempatan merasakan indahnya malam lailatul qadar.

Penutup

Sekarang sudah tahu kan, lailatul qadar terjadi di malam-malam ganjil bulan ramadhan, tanggal-tanggal tersebut adalah apa? Semoga apa yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Post a Comment for "Lailatul Qadar Terjadi di Malam-malam Ganjil Bulan Ramadhan, Tanggal-tanggal Tersebut adalah?"