Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Orang yang Mengeluarkan Zakat Disebut?

Orang yang Mengeluarkan Zakat Disebut
Orang yang Mengeluarkan Zakat Disebut

Jafarull.com - Tahukah kamu, orang yang mengeluarkan zakat disebut apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut ini. Karena Jafarull akan mengulasnya secara mendetail untuk kamu semua. 

Aturan zakat memang telah ditentukan oleh Allah dan Rasul-Nya. Bahkan di permasalahan zakat telah dijelaskan secara gamblang di dalam Al-Quran. 

Misalnya saja aturan terkait siapa yang harus mengeluarkan zakat dan siapa saja yang perlu menerimanya.

Soal: 

Orang yang mengeluarkan zakat disebut?

a. Muzakki

b. Muzakkir

c. Mungkar

d. Mustahik

Jawaban:

a. Muzakki

Pembahasan:

Di dalam Islam, orang yang berzakat dinamakan dengan Muzakki. Sementara untuk orang yang menerima zakat dinamakan dengan Mustahik.

Macam-macam zakat terbagi menjadi dua, yakni zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah umumnya dikeluarkan saat bulan Ramadhan. Sedangkan zakat mal dikeluarkan ketika telah mencapai nishab. 

Syarat orang yang mengeluarkan zakat diantaranya harus beragama Islam, mencapai batasan untuk zakat, mencapai nishab atau batasan kepemilikan harta, hingga mampu melaksanakan zakat. 

Sedangkan orang yang berhak menerima zakat diantaranya fakir, miskin, muallaf, budak, orang yang berjuang di jalan Allah, orang yang berhutang, musafir, dan amil (orang yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat).

Penutup

Bagaimana sobat, sekarang sudah tahu kan orang yang mengeluarkan zakat disebut apa? Semoga apa yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui ok. Jangan lupa juga untuk terus belajar agar impianmu bisa tercapai.

Post a Comment for "Orang yang Mengeluarkan Zakat Disebut?"