Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Perhitungan Amal Baik dan Perbuatan Jahat Disebut Juga Hari Apa?

perhitungan amal baik dan perbuatan jahat disebut juga hari apa
perhitungan amal baik dan perbuatan jahat disebut juga hari apa

Jafarull.com - Tahukah kamu, perhitungan amal baik dan perbuatan jahat disebut juga hari apa? Mari kita bahas soal ini bersama-sama, agar kamu mendapatkan jawaban yang lebih tepat. 

Setelah kita meninggalkan kehidupan dunia, ternyata ada beberapa alam atau kehidupan lain yang akan kita lalui. 

Beberapa kehidupan tersebut diantaranya alam barzah (alam kubur), Yaum al-Ba’ats atau hari dibangkitkan dari kubur, Yaum al-Hasyr atau Mahsyar (hari berkumpul di padang mahsyar), Yaum al-Mizan atau al-Hisab (hari perhitungan amal), dan Yaum al-Jaza (hari pembalasan). 

Beberapa alam tersebut pasti akan dialami oleh semua manusia. Karena memang alam tersebut telah ditetapkan Allah dan diceritakan dalam Al-Quran. 

Perhitungan Amal Baik dan Perbuatan Jahat Disebut Juga

Sebenarnya dari penjelasan di atas, kita bisa tahu kalau perhitungan amal baik dan perbuatan jahat disebut dengan Yaumul Mizan atau Hisab. Jadi pada hari itu, semua manusia akan dihitung dan ditimbang amal baik dan amal buruknya. 

Pada hari itu juga, tidak akan ada yang bisa berbohong di hadapan Allah. Karena semua anggota badan kita akan berbicara sedangkan mulut kita akan terkunci. 

Lantas apa perbedaan Yaumul Hisab dan Yaumul Mizan? Yaumul hisab berarti perhitungan semua amal yang telah kita perbuatan dan kita kerjakan selama hidup di dunia. 

Sedangkan Yaumul Mizan berarti proses penimbangan amal yang telah terhitung (dihisab). Karena Allah akan tetap menghitung amal baik meskipun sekecil biji sawi. Allah juga akan menghitung setiap dosa atau amal buruk meski seberat sebutir debu. 

Setelah semua amal perbuatan ditimbang dan diketahui hasilnya, kita akan mendapat balasan atas apa yang pernah kita perbuat. Amalan baik akan dibalas surga, amalan buruk akan dibalas neraka.

Semoga Allah selalu menjaga kita agar tetap istiqomah dalam menjalankan perbuatan baik. Aminnn ya Robbal alamiin.

Penutup

Sekarang sudah tahu kan, perhitungan amal baik dan perbuatan jahat disebut juga hari apa? Semoga informasi yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui. Jangan lupa untuk terus belajar ya.

Post a Comment for "Perhitungan Amal Baik dan Perbuatan Jahat Disebut Juga Hari Apa?"