Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Surah Al Hajj Ayat 7: Penegasan Allah Tentang Hari Kiamat

Surah Al Hajj Ayat 7
Surah Al Hajj Ayat 7

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan menyajikan bacaan surah Al Hajj ayat 7 lengkap dengan arti serta penjelasannya. Ayat tersebut memang begitu spesial. 

Bagaimana tidak, Al Hajj ayat 7 merupakan salah satu ayat tentang hari kiamat dan artinya tentang hari kebangkitan. Jadi Allah menegaskan bahwa hari kiamat itu ada. Kemudian kehidupan setelah mati di dunia juga ada. 

Oleh karena itu, selama masih diberi kesempatan untuk menghirup udara dunia. Hendaknya kita memperbanyak amal sholeh agar saat kita berpulang kepada Allah bisa pulang dalam keadaan yang baik. 

Surah Al Hajj Ayat 7

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ayat ini menceritakan tentang hati kiamat yang pasti akan datang. 

Berikut ini Jafarull akan sajikan bacaan surah Al Hajj Ayat 7 beserta artinya:

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

Latin: Wa annas-sā'ata ātiyatul lā raiba fīhā wa annallāha yab'aṡu man fil-qubụr

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al Hajj: 7).

Dari ayat di atas kita bisa belajar bahwa Allah telah menetapkan hari kiamat. Namun mengenai waktu kapan datangnya hari kiamat, tidak disebutkan oleh Allah.  

Bahkan malaikat dan Nabi Muhammad juga tidak mengetahui kapan hari kiamat akan datang. Hari yang dahsyat itu hanya diketahui oleh Allah saja. 

Selain itu, ayat di atas juga menegaskan kembali bahwa ada yang namanya hari kebangkitan. Ini artinya kehidupan tidak hanya berhenti pada kehidupan dunia saja. Melainkan ada kehidupan lain (yang diamankan alam akhirat).

Nah pernyataan ini tentu membantah pendapat yang mengatakan bahwa setelah mati tidak ada kehidupan lain. 

Berdasarkan surat Al Hajj ayat 7, kita hendaknya bisa mengambil hikmah. Bahwa kehidupan di dunia tidaklah kekal. Suatu saat nanti kita akan mati dan dihidupkan kembali untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatan. 

Oleh karena itu, sebaiknya mulai dari sekarang kita perbaiki diri dan mencoba untuk terus berbuat baik serta beramal sholeh. 

Penutup

Nah itulah penjelasan singkat tentang makna dari Surah Al Hajj Ayat 7. Kita juga bisa mengambil pelajaran yang sangat berharga dari ayat tersebut. 

Semoga informasi yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok.

Post a Comment for "Surah Al Hajj Ayat 7: Penegasan Allah Tentang Hari Kiamat"