Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Surah yang Memerintahkan Kita Untuk Membaca Yaitu

Surah yang Memerintahkan Kita Untuk Membaca Yaitu
Surah yang Memerintahkan Kita Untuk Membaca Yaitu

Jafarull.com - Tahukah kamu, surah yang memerintahkan kita untuk membaca yaitu surat apa? Mari simak penjelasan Jafarull berikut ini. 

Karena Jafarull akan membahasnya secara lengkap untuk kalian semua. Agar kamu bisa lebih memahami tentang surat yang memerintahkan untuk membaca. 

Ternyata di dalam Al-Quran memang terdapat sebuah surat yang memerintahkan agar umat Islam membaca. Surat tersebut turun pertama kali kepada Nabi Muhammad. 

Surah yang Memerintahkan Kita Untuk Membaca Yaitu?

Surat yang memerintahkan umat Islam untuk membaca yakni surat Al-Alaq ayat 1 samapi 5. Nabi mendapatkan wahyu tersebut di Goa Hiro dengan keadaan berkeringat dingin. 

Surat tersebut mengajarkan kepada kita semua untuk terus belajar dan memanfaatkan akal pikiran untuk kebaikan. Sehingga kita bisa membedakan antara yang hak dengan yang batil. 

Jika kamu pernah diperintahkan untuk Tuliskan dalil tentang perintah untuk membaca, berikut Jafarull sajikan bacaan surat Al-Alaq ayat 1-5 beserta latin dan artinya.

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ - ١

Latin: Iqra` bismi rabbikallażī khalaq

Artinya: "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,"

خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ - ٢

Latin: Khalaqal-insāna min 'alaq

Artinya: "Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah."

اِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُۙ - ٣

Latin: Iqra` wa rabbukal-akram

Artinya: "Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia,"

الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ - ٤

Latin: Allażī 'allama bil-qalam

Artinya: "Yang mengajar (manusia) dengan pena"

عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ - ٥

Latin: 'Allamal-insāna mā lam ya'lam

Artinya: "Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya."

Apabila kamu diperintahkan untuk Tuliskan satu ayat Al-Qur'an tentang perintah membaca, kamu bisa jawab dengan menuliskan ayat pertama dari surat Al-Alaq (اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ). 

Karena ayat pertama tersebutlah yang menjadi sumber perintah utama membaca dan belajar. Membaca yang dimaksud pada ayat tersebut bukan hanya membaca teks saja. 

Melainkan membaca tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Misalnya saja seperti membaca keagungan Allah karena mampu menciptakan keseimbangan alam semesta, dan lain sebagainya. 

Penutup

Sekarang sudah paham kan tentang surah yang memerintahkan kita untuk membaca yaitu surat apa? Semoga apa yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Jangan lupa untuk terus belajar di rumah. Agar kamu bisa meraih apa yang dicita-citakan. Jangan lupa share ke teman-teman kamu juga ya. Agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

Post a Comment for "Surah yang Memerintahkan Kita Untuk Membaca Yaitu"