Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah adalah? Ini 5 Tujuannya!

Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah
Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah

Jafarull.com - Tahukah kamu, Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah apa? Mari kita bahas bersama agar mendapat jawaban yang tepat dan kamu jadi lebih paham tentang materi zakat. 

Zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap orang Islam yang mampu. Zakat ini dikeluarkan pada bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri. 

Umumnya setiap orang akan berbondong-bondong mengeluarkan zakat sebagai pelengkap puasa yang telah dijalani selama satu bulan lebih. 

Kewajiban zakat juga telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA.

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى ، وَالصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ مِنَ الْمُسْلِمِينَ وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلاَةِ

Artinya: "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fithri dengan satu sho' kurma atau satu sho' gandum bagi setiap muslim yang merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, anak kecil maupun dewasa. Zakat tersebut diperintahkan dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk melaksanakan shalat 'ied." (HR Bukhari).

Dari hadist tersebut kita bisa mengetahui bahwa zakat yang dikeluarkan oleh setiap orang dengan takaran satu sho' atau 2.5 kilo gram. 

Zakat tersebut juga dikeluarkan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Kalau di Indonesia, waktu pelaksanaan zakat fitrah adalah hari terakhir pada bulan Ramadhan pada sore hari hingga malam.

Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah

Ada beberapa tujuan mengeluarkan zakat fitrah. Beberapa tujuan tersebut telah Jafarull rangkum sebagai berikut. 

1. Membersihkan Jiwa dan Raga

Tujuan pertama yakni untuk membersihkan jiwa dan raga. Setelah satu bulan penuh melaksanakan puasa, kita bisa menjadi lebih bersih dan suci kembali ketika mengeluarkan zakat fitrah. 

2. Memupuk Rasa Dermawan

Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah brainly dapat memupuk rasa kedermawanan seseorang. Dengan demikian, kamu bisa menjadi orang yang suka berzakat dan bersedekah.

3. Bentuk Rasa Syukur kepada Allah

Jika kamu pernah ditanya untuk sebutkan hikmah zakat fitrah, nah salah satu hikmah zakat dan tujuan zakat yakni sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Dengan senantiasa bersyukur, maka kita bisa diberi kenikmatan yang lebih oleh Allah. 

4. Membantu Sesama

Tujuan zakat fitrah yang selanjutnya yakni untuk membantu sesama. Zakat fitrah bisa menjadi jalan untuk membantu orang lain yang tengah kesulitan ekonomi. 

5. Mencukupi Kebutuhan Orang Lain

Tujuan terakhir yakni untuk mencukupi kebutuhan orang lain. Jadi ketika di hari raya ada orang yang tidak memiliki makanan, ia bisa mendapatkan makanan berkat zakat yang diterimanya.

Penutup

Bagaimana sobat, sekarang sudah tahu kan tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah apa? Semoga informasi yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu ok.

Post a Comment for "Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah adalah? Ini 5 Tujuannya! "