Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Tujuan Tayammum adalah Untuk Menghilangkan?

tujuan tayammum adalah untuk menghilangkan apa
tujuan tayammum adalah untuk menghilangkan apa

Jafarull.com - Salah satu cara bersuci yang ada dalam islam adalah Tayammum. Tahukah kamu, tujuan tayammum adalah untuk menghilangkan apa? Mari simak penjelasan Jafarull berikut ini agar kamu mendapatkan jawaban yang tepat dan akurat.

Sebelumnya kamu harus tahu, Tayamum merupakan salah satu cara bersuci dengan debu. Meski memakai debu, tetapi debu yang digunakan bukan debu yang tebal. 

Melainkan debu yang suci yang umumnya terdapat pada dinding atau debu yang berada di tempat-tempat tertentu (sekiranya terhindar dari najis).

Tujuan Tayammum adalah Untuk Menghilangkan?

Biasanya tayamum digunakan saat tidak ada air. Jadi ketika kamu hendak melaksanakan ibadah sholat namun tidak menjumpai air, maka kamu bisa melakukan tayamum sebagai pengganti wudhu. 

Lantas, tujuan tayamum adalah untuk menghilangkan apa? Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, tujuan tayamum adalah untuk menghilangkan hadas kecil (kondisi yang membuat seseorang untuk bersuci).

Contoh dari hadas kecil yakni tidur atau hilang sadar, keluar sesuatu dari kubul dan dubur, menyentuh kelamin, hingga bersentuhan antara laki-laki dan perempuan.

Jadi ketika kamu mengalami beberapa kondisi tersebut dan hendak melaksanakan sholat tapi tidak ada air, maka kamu bisa bertayamum. Namun tayamum tersebut hanya berlaku untuk satu sholat saja.

Misalnya kamu hendak sholat maghrib, maka tayamum tersebut hanya bisa digunakan untuk sholat maghrib saja. Jadi untuk sholat Isya, kamu harus bertayamum lagi. 

Hal ini karena sifat tayamum yang sementara dan hanya sebagai pengganti. Mengingat bersuci yang paling afdol adalah menggunakan air. Apabila saat kamu tayamum melihat air, maka seketika tayamum tersebut batal.

Diantara yang dapat membatalkan tayamum adalah murtad artinya orang yang telah bertayamum kemudian ia dengan sengaja keluar agama Islam karena suatu alasan. Maka tayamum yang dilakukan jadi batal atau tidak sah.

Penutup

Sekarang sudah tahu kan tujuan tayammum adalah untuk menghilangkan apa? Semoga informasi yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ya.

Post a Comment for "Tujuan Tayammum adalah Untuk Menghilangkan?"