Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Waktu yang Utama untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah Adalah?

Waktu yang Utama untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah Adalah
Waktu yang Utama untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah Adalah

Jafarull.com - Tahukah kamu, waktu yang utama untuk mengeluarkan zakat fitrah adalah kapan? Mari kita bahas bersama Jafarull, agar kamu bisa mendapatkan jawaban yang diinginkan.

Jafarull bakal mengulas secara tuntas agar kamu juga semakin paham tentang materi zakat fitrah. Sehingga kamu bisa menerapkan ilmu yang telah didapat.

Zakat fitrah memang telah diatur di dalam Al-Quran. Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan aturan-aturan khusus tentang pelaksanaan hingga waktu menunaikan zakat. 

Soal:

Waktu yang Utama untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah adalah? 

a. Awal bulan Ramadhan

b. Pertengahan Bulan Ramadhan

c. Hari Terakhir Bulan Ramadhan sejak Matahari Mulai Terbenam

d. Sebelum Sholat Idul Fitri

e. Sesudah Sholat Idul Fitri

Jawaban:

c. Hari Terakhir Bulan Ramadhan sejak Matahari Mulai Terbenam

Pembahasan:

Jika kita cermati dari soal di atas, soal tersebut menginginkan jawaban berupa waktu yang utama. Jafarull berasumsi bahwa waktu yang utama merupakan waktu wajib membayar zakat fitrah.

Karena ada beberapa waktu saat melaksanakan zakat fitrah. Diantaranya yakni waktu mubah, wajib, sunnah, makruh, dan waktu haram membayar zakat fitrah. 

Oleh karena itu, waktu yang utama merupakan waktu yang wajib. Karena Rasulullah juga memerintahkan untuk mendahulukan yang wajib ketimbang yang sunnah. Simak Hadis berikut,

"Telah menceritakan kepada kami [Muslim bin Amru bin Muslim Abu Amru Al Khaddza' Al Madani] telah menceritakan kepadaku [Abdullah bin Nafi' As Sha`igh] dari [Ibnu Abu Zannad] dari [Musa bin Uqbah] dari [Nafi'] dari [Ibnu Umar] bahwasanya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam memerintahkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke tempat salat) pada hari raya Idulfitri. Abu 'Isa berkata, ini merupakan hadis hasan shahih gharib, atas dasar ini para ulama lebih menganjurkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat salat." (HR. Tirmidzi: 613).

Dari hadist di atas, kita bisa tahu bahwa waktu wajib untuk mengeluarkan zakat fitrah adalah pada hari terakhir bulan Ramadhan ketika matahari mulai terbenam (kalau di Indonesia umumnya pada jam 16:00 sore). 

Sementara untuk waktu yang sunnah, dilaksanakan pada satu Syawal sebelum berangkat menunaikan sholat Idul Fitri. 

Penutup

Jadi sekarang sudah tahu kan, waktu yang utama untuk mengeluarkan zakat fitrah adalah kapan? Semoga informasi yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat ya.

Jangan lupa untuk terus belajar ya, agar kamu bisa meraih impian. Jangan lupa juga untuk share informasi ini kepada teman-teman kamu ok.

Post a Comment for "Waktu yang Utama untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah Adalah?"