Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh Pidato Lingkungan Hidup Singkat dan Jelas Beserta Strukturnya

pidato lingkungan hidup singkat dan jelas
pidato lingkungan hidup singkat dan jelas

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan membagikan contoh pidato lingkungan hidup singkat dan jelas. Jafarull juga akan membagikan beserta strukturnya untuk kalian semua. 

Pidato tentang lingkungan hidup beserta strukturnya yang Jafarull sampaikan ini mungkin bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin membuat teks pidato. Kamu bisa membaca, mengamati, dan mencoba membuat teks pidato versi dirimu sendiri. 

Pidato tentang menjaga lingkungan hidup memang sering digunakan sebagai tugas sekolah. Umumnya guru memerintahkan siswanya untuk membuat pidato tersebut. 

Karena isu tentang lingkungan tidak akan pernah habis untuk dikaji. Sehingga isu lingkungan sangat menarik dan penting untuk diangkat sebagai materi pidato. 

Pidato Lingkungan Hidup Singkat dan Jelas

Contoh Pidato Lingkungan Hidup Singkat dan Jelas
Ilustrasi pidato lingkungan hidup

Sebelum masuk ke contoh, kamu harus tahu bahwa teks pidato memiliki tiga struktur yakni pembukaan, isi, dan penutup. Ketiganya harus selalu ada dan harus berurutan. 

Oh iya, Jafarull juga akan menyajikan contoh penutup pidato tentang lingkungan hidup yang beda dari yang lain. Kamu bisa meniru atau memodifikasi agar menjadi lebih baik. Seperti apa sih contohnya? Simak contoh teks pidatonya berikut ini.

Pembukaan Teks Pidato

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Yang terhormat, Bupati Pemalang Ir. Muhamad Jafarull Afan. Yang kami hormati jajaran pejabat dan staff di kabupaten Pemalang. Dan yang saya cintai bapak, ibu, hadirin yang telah datang di acara siang hari ini. 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat dan nikmatnya, kita semua dapat bertatap muka dalam acara yang membahagiakan ini. 

Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan pada Nabi Agung Muhammad SAW. Nabi panutan kita semua yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak. Semoga kita semua termasuk umatnya dan mendapatkan syafaat dari beliau.

Hadirin yang dirahmati Allah, di kesempatan ini izinkan saya menyampaikan sebuah pidato tentang lingkungan hidup yang sangat perlu untuk kita perhatikan. 

Isi Teks Pidato

Isu lingkungan hidup memang tiada habisnya. Setiap tahun selalu muncul berita rusaknya alam karena ulah manusia. Udara yang kita hirup ini juga terkena polusi. Sehingga di kota-kota besar tingkat udaranya kurang sehat. 

Selain itu, sungai yang sejatinya menjadi aliran air kini kondisinya juga memprihatinkan. Bantaran sungai kini penuh dengan sampah. Bahkan airnya pun sangat tidak layak untuk dihuni ikan-ikan. 

Tak heran jika daerah perkotaan sering terjadi banjir. Bahkan penyusutan tanah daerah pesisir (pantura) mengalami penurunan yang amat pesat. Sehingga daratan mulai terendam air laut.

Hadirin yang berbahagia, 

Kondisi demikian sebenarnya terjadi akibat ulah tangan manusia. Kita sebagai manusia seakan serakah mengeruk hasil bumi tanpa memikirkan dampaknya untuk alam sekitar. 

Kita mengebor air tanah dengan brutal sehingga penurunan tanah sangat cepat. Kita selalu membuang sampah secara sembarangan sehingga sungai penuh sampah dan airnya jadi tercemar. 

Oleh karena itulah, di hari yang cerah ini alangkah baiknya jika kita mulai berbenah. Mari kita bersama-sama mewujudkan lingkungan kabupaten Pemalang menjadi lingkungan yang bersih di Indonesia. 

Kita bisa mewujudkan itu semua dengan membuang sampah pada tempatnya. Jaga aliran sungai agar tidak tercemar oleh limbah. Sehingga nantinya ikan-ikan bisa hidup dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah selalu menjaga kelestarian hutan dan pohon. Karena pepohonan menjadi sumber utama oksigen yang kita hirup. 

Penutup Teks Pidato

Hadirin yang saya hormati, 

Mari kita wujudkan lingkungan sehat di kabupaten Pemalang mulai dari lingkungan rumah tangga. Tidak perlu sungkan untuk menegur sesama jika membuang sampah secara sembarangan. 

Semoga dengan kita selalu istiqomah menjaga kebersihan lingkungan, bisa membuat hidup semakin indah dan sehat. Bumi yang kita tempati juga tetap nyaman untuk ditinggali. 

Demikianlah pidato singkat tentang lingkungan hidup yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Penutup

Demikianlah contoh teks pidato lingkungan hidup singkat dan jelas yang telah Jafarull sampaikan. Semoga apa yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman kalian ok.

Post a Comment for "Contoh Pidato Lingkungan Hidup Singkat dan Jelas Beserta Strukturnya"