Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan Singkat Beserta Strukturnya
Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan membagikan contoh pidato persuasif tentang lingkungan lengkap beserta strukturnya. Pidato kali ini mungkin bisa memberikan gambaran terkait materi teks pidato. 

Contoh Pidato Tentang lingkungan memang menjadi topik yang cukup menarik. Bagaimana tidak, isu lingkungan seperti tidak akan ada habisnya. 

Mengingat lingkungan atau bumi yang kita tempati ini bakalan menua dan rapuh. Karena itulah, jafarull berinisiatif untuk menyajikan contoh pidato Persuasif tentang lingkungan singkat. 

Dengan adanya contoh ini, harapannya dapat memberikan manfaat bagi kamu semua. Sehingga kamu bisa mengambil hikmah dari apa yang Jafarull sampaikan. 

Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

contoh pidato singkat tentang lingkungan
Ilustrasi contoh pidato singkat tentang lingkungan

Sebelum kita masuk ke bagian contoh, kamu harus tahu bahwa struktur pidato persuasif ada tiga, diantaranya yakni pembukaan (salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan syukur), isi pidato, dan penutup (simpulan, permohonan maaf, hingga salam penutup).

Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh pidato persuasif singkat tentang lingkungan yang Jafarull sampaikan berikut ini. 

Pembukaan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Yang terhormat, kepala sekolah SMP Negeri 01 Pemalang. Yang saya hormati, guru dan staf karyawan. Serta yang saya cintai dan saya banggakan teman-temanku siswa-siswi SMP Negeri 01 Pemalang. 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Karena berkat limpahan rahmat dan nikmatnya, kita semua dapat berkumpul bersama dalam acara yang membahagiakan ini. 

Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan pada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. Nabi panutan kita semua yang selalu kita nantikan syafaatnya. Semoga kita termasuk umatnya dan mendapatkan syafaat dari beliau.

Hadirin yang berbahagia, saya berdiri di depan hadirin semua dengan maksud untuk menyampaikan sepenggal pidato tentang lingkungan. 

Isi Pidato

Bumi yang kita tempati ini semakin tua. Alam semakin rusak, hal ini diperparah dengan keserakahan manusia mengambil seluruh sumber daya alam secara brutal. Sehingga alam menjadi rusak dan lingkungan mulai tercemar. 

Bahkan di beberapa daerah Indonesia ini, bumi digali untuk diambil minyaknya. Batuan dan mineral alam juga diambil secara brutal. Manusia seperti enggan peduli dengan dampak yang akan ditimbulkan. 

Jika kita melihat hewan di alam ngamuk, mereka sebenarnya tengah bersedih karena habitatnya hancur akibat ulah manusia. Alam juga meneteskan air mata. 

Setiap hari sumber dayanya dikeruk habis-habisan, tetapi tidak pernah diperban. Semua kampanye selamatkan lingkungan seperti hanya bualan belaka.

Hadirin yang berbahagia, 

Melihat kondisi alam yang kian memprihatinkan, alangkah baiknya jika kita mencoba menyelamatkan lingkungan kita. Memang benar kita tidak bisa bertindak hingga sabang sampai merauke. 

Tetapi alangkah baiknya jika kita menyelamatkan lingkungan di tempat tinggal masing-masing. Misalnya saja membuang sampah pada tempatnya. 

Hal kecil seperti ini ternyata sangat berdampak baik pada kehidupan kita. Karena ketika lingkungan kita bersih, untuk ditempati juga terasa sangat nyaman. 

Selain itu, alangkah baiknya jika kita melestarikan alam dengan cara menanam pohon di lingkungan masing-masing. Dengan terjaganya alam sekitar, maka lingkungan yang ditinggali bisa terasa nyaman. 

Penutup Pidato

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan. Dengan menjaga lingkungan, tentunya kita bisa merasa nyaman untuk berpijak di bumi ini. 

Jangan sungkan untuk terus melestarikan alam dan menjaga kebersihan lingkungan. Semoga apa yang saja sampaikan ini dapat bermanfaat. 

Terima kasih atas waktu dan kesempatannya. Saya sangat senang bisa diberi kesempatan untuk bertatap mata dengan hadirin sekalian. Saya akhiri, 

Wassalamualaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Penutup

Nah itulah contoh pidato persuasif tentang lingkungan yang bisa Jafarull bagikan. Kamu bisa menggunakan contoh di atas untuk referensi pembuatan pidato ya. 

Jangan lupa untuk terus belajar agar dapat meraih mimpi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini kepada teman-teman kalian ok. Agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url