Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan Masyarakat

pidato singkat tentang lingkungan masyarakat
pidato singkat tentang lingkungan masyarakat

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini Jafarull akan membagikan contoh pidato singkat tentang lingkungan masyarakat lengkap dengan strukturnya. Tujuannya agar kamu bisa lebih memahami materi pidato. 

Pidato tentang lingkungan memang menjadi isu yang menarik. Bagaimana tidak, kerusakan lingkungan serta tercemarnya lingkungan kian marak terjadi. Sehingga lingkungan yang kita tempati ini jadi kurang steril. 

Bahkan limbah rumah tangga serta pembuangan sampah yang sembarangan semakin memperburuk kondisi lingkungan. Oleh karena itulah, dengan pidato tentang kebersihan lingkungan masyarakat, diharapkan kita bisa belajar bersama. 

Tidak hanya belajar tentang membuat pidato, tetapi juga bisa belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar bisa ditempati dengan nyaman dan aman. 

Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan Masyarakat

pidato singkat tentang lingkungan masyarakat
Ilustrasi pidato singkat tentang lingkungan masyarakat

Perlu diketahui, struktur teks pidato terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup. Struktur tersebut harus runtut agar teks pidato bisa berdiri dengan sempurna. 

Lantas seperti apa sih, contoh teks ceramah tentang kebersihan beserta strukturnya? Mari simak contoh dari Jafarull berikut ini. 

Pembukaan Pidato

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Yang terhormat, kepala sekolah SMP Negeri 75 Kepetek. Yang saya hormati, guru, staf, dan karyawan SMP Negeri 75 Kepetek. Serta yang saya cintai dan saya banggakan teman-temanku siswa-siswi SMP Negeri 75 Kepetek. 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat dan nikmatnya, kita semua dapat berjumpa dalam acara yang membahagiakan ini. 

Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan pada Nabi Agung Muhammad SAW. Nabi panutan kita semua yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak. Semoga kita semua termasuk umatnya dan mendapatkan syafaat dari beliau.

Hadirin yang dirahmati Allah, saya berdiri disini dengan maksud hendak membawakan pidato singkat tentang kebersihan lingkungan masyarakat.

Lingkungan yang kita tempati ini memang perlu dijaga agar tetap bersih dan bisa dengan nyaman untuk ditinggali. 

Isi Pidato

Lingkungan merupakan sebuah tempat yang ada di sekitar kita. Lingkungan bisa meliputi jalanan, kebun, taman, rumah, dan lain sebagainya. 

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita diperintahkan untuk senantiasa menjaga lingkungan. Lingkungan yang sehat akan melahirkan kehidupan yang lebih nyaman dan sehat pula. 

Berbeda lagi jika lingkungan yang kita tinggali kotor, kumuh, dan berbau. Apakah kita akan nyaman tinggal di lingkungan seperti itu? Tentu tidak! Kita justru merasa tidak betah untuk tinggal di tempat seperti itu. 

Menjaga lingkungan masyarakat bisa kita mulai dari lingkungan rumah masing-masing. Contoh sederhananya yakni menyapu halaman rumah ketika kotor, membuang sampah pada tempatnya, hingga mengadakan kerja bakti di hari-hari tertentu. 

Hadirin yang berbahagia, 

Kegiatan kecil seperti yang telah saya sampaikan di atas bisa mempererat tali persaudaraan. Antar tetangga bisa saling akrab dan saling kenal. 

Menjaga kebersihan lingkungan masyarakat juga bisa melahirkan aura positif. Selain itu, menjaga lingkungan bisa membuat kita memupuk rasa peduli terhadap sesama. Karena kita saling peduli dengan lingkungan yang ada di sekitar.  

Tidak ada ruginya menjaga kebersihan lingkungan. Kita justru akan merasa bangga ketika bisa mewujudkan lingkungan bersih di masyarakat. 

Oleh karena itulah, mari kita bersama-sama menjaga lingkungan sekitar. Tidak perlu jauh-jauh, cukup mulai dari lingkungan rumah masing-masing. Dengan begitu, aura positif bisa tumbuh dan kita bisa nyaman bertempat di lingkungan tersebut. 

Penutup Pidato

Semoga dengan kita peduli dengan lingkungan, Allah memberikan kita nikmat sehat dan nikmat ketenangan dalam menjalani hidup. 

Demikian pidato singkat tentang lingkungan yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. 

Wassalamualaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Penutup

Demikian contoh yang dapat Jafarull bagikan. Kamu bisa mencoba membuat pidato versi milikmu sendiri. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan nilai yang bagus di sekolah. 

Semoga contoh pidato singkat tentang lingkungan masyarakat yang telah Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman kalian ok.

Post a Comment for "Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan Masyarakat"