Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup di Sekolah

pidato tentang lingkungan hidup di sekolah
pidato tentang lingkungan hidup di sekolah

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan membagikan contoh pidato tentang lingkungan hidup di sekolah. Kamu bisa menjadikan contoh ini sebagai referensi atau bahan bacaan untuk menyusun teks pidato yang lebih lengkap. 

Pidato panjang tentang kebersihan lingkungan sekolah biasanya dipelajari sejak kelas 6 SD. Kemudian di kelas 9 SMP, teks pidato juga mulai dipelajari lebih dalam.

Banyak yang masih bingung tentang cara membuat Pidato tentang menjaga lingkungan hidup. Padahal untuk membuatnya begitu mudah, asalkan kita tahu strukturnya seperti apa. 

Oleh karena itulah, di artikel kali ini, Jafarull berinisiatif untuk membagikan contoh pidatonya untuk kalian semua. Agar kamu bisa lebih paham tentang teks pidato dan bisa tahu cara membuatnya.

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup di Sekolah

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup di Sekolah
Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup di Sekolah

Sebelum kita masuk ke pembahasan, kamu harus tahu struktur dari teks pidato. Struktur teks pidato ada tiga, diantaranya yakni pendahuluan, isi pidato, dan penutup. 

Pendahuluan berisi tentang salam pembuka, salam atau ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. Bagian isi pidato berisi tentang poin dari pidato yang hendak disampaikan. Sedangkan bagian penutup pidato berisi tentang simpulan, permohonan maaf, dan salam penutup. 

Lantas seperti apa sih, contoh pidato singkat tentang lingkungan sekolah? Agar lebih jelasnya, mari simak contoh yang dilengkapi dengan strukturnya dari Jafarull berikut ini. 

Pendahuluan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Yang terhormat, kepala sekolah SMP Negeri 65 Belik. Yang saya hormati, guru, staf, dan karyawan yang bertugas. Serta yang saya cintai dan saya banggakan teman-temanku siswa-siswi SMP Negeri 65 Belik. 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat dan nikmatnya, kita semua dapat berjumpa dalam acara yang membahagiakan ini. 

Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan pada Nabi Agung Muhammad SAW. Nabi panutan kita semua yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak. Semoga kita semua termasuk umatnya dan mendapatkan syafaat dari beliau.

Hadirin yang berbahagia, saya berdiri disini dengan maksud hendak membawakan pidato 3 menit tentang kebersihan lingkungan sekolah. 

Krena kita semua tahu, kebersihan menjadi kunci untuk pembelajaran yang nyaman dan aman. 

Isi Pidato

Mungkin kita semua sering mendengar istilah "kebersihan sebagian dari iman". Kata-kata tersebut memang sering dengar di tiap tempat. Kata-kata tersebut mengajarkan kita untuk berperilaku bersih serta mau menjaga lingkungan. 

Karena Allah merupakan maha suci menyuaki kebersihan. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Rasull dalam hadist sebagai berikut. 

إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ , نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ , كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ , جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ , فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ

Artinya: Dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu." (HR. Tirmizi).

Dari hadist di atas, kita bisa tahu bahwa menjaga kebersihan memang telah dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Kita sebagai umat Islam perlu menjaga kebersihan lingkungan, terutama di lingkungan sekolah. 

Sebagai siswa yang baik, kita perlu menjaga lingkungan sekolah. Misalnya saja dengan cara membersihkan kelas di pagi hari, kemudian mengadakan jumat bersih, hingga mengadakan bersih-bersih sekolah dua minggu sekali atau sebulan sekali. 

Dengan cara tersebut, kita turut mewujudkan hadist di atas tentang menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. 

Hadirin yang dirahmati Allah, 

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah tentunya memberikan banyak dampak positif. Diantaranya, saat melakukan kegiatan belajar mengajar, kita bisa merasa lebih nyaman. 

Kemudian, lingkungan juga jadi lebih sehat. Sehingga melahirkan suasana yang lebih positif. Selain itu, kondisi lingkungan juga akan ditumbuhi dengan pepohonan atau tanaman yang subur. 

Terlebih lagi, kita akan mendapatkan kebahagiaan dan kebanggaan karena berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang bersih. Karena jika bukan kita yang menjaga lingkungan sekolah tercinta ini, siapa lagi? 

Penutup Pidato

Oleh karena itulah, alangkah baiknya, mulai dari sekarang, kita patut menjaga lingkungan sekolah. Buang sampah pada tempatnya, rapikan bangku jika terlihat berantakan, hingga menjaga kebersihan diri sendiri.

Jangan malu untuk berbuat baik dan jangan sungkan untuk mengerjakan suatu kebersihan. Lingkungan bersih, belajar nyaman, tubuh jadi lebih sehat. 

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. 

Wassalamualaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Penutup

Bagaimana sobat? Sudah paham tentang contoh teks pidato tentang lingkungan hidup di sekolah? Kamu bisa mencoba memahami contoh yang Jafarull bagikan di atas. Baca lagi jika masih bingung ya. Semoga artikel Jafarull kali ini dapat bermanfaat ok.

Post a Comment for "Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup di Sekolah"