Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lengkap dengan Dalil dan Strukturnya

pidato singkat tentang kebersihan
pidato singkat tentang kebersihan

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan membagikan contoh pidato singkat tentang kebersihan lengkap dengan dalil dan strukturnya. Jafarull membagikan Contoh ini agar kamu dapat memahami lebih dalam tentang materi teks pidato. 

Pidato singkat tentang kebersihan yang mudah dihafal brainly yang Jafarull bagikan ini mungkin bisa menjadi referensi untuk kamu yang kesulitan saat membuat teks pidato. 

Selain itu, Pidato 3 menit tentang kebersihan yang Jafarull sajikan ini juga kamu modifikasi. Artinya, kamu bisa mengambil referensi dalil atau susunannya. 

Dengan begitu kamu bisa lebih berkreasi serta mengasah kemampuan berpikir untuk menciptakan teks yang baru. Nah saat kamu membuat teks pidato, kamu harus memperhatikan strukturnya. 

Pidato Singkat Tentang Kebersihan

Tercatat, struktur teks pidato terdiri dari tiga, diantaranya yakni pendahuluan, isi pidato, dan penutup pidato. Untuk pidato singkat tentang kebersihan sebagian dari iman, akan Jafarull jabarkan strukturnya secara gamblang. 

Lantas selesai apa sih contoh teks pidato 5 menit tentang kebersihan lingkungan? Mari simak teksnya berikut ini. 

Pendahuluan Pidato

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Yang terhormat, kepala sekolah SMP Negeri 01 Kepetek. Yang saya hormati, guru, staf, dan karyawan SMP Negeri 01 Kepetek. Serta yang saya cintai dan saya banggakan teman-temanku siswa-siswi SMP Negeri 01 Kepetek. 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat dan nikmatnya, kita semua dapat bertatap muka dalam acara yang membahagiakan ini. 

Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan pada Nabi Agung Muhammad SAW. Nabi panutan kita semua yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak. Semoga kita semua termasuk umatnya dan mendapatkan syafaat dari beliau.

Hadirin yang dirahmati Allah, saya berdiri disini dengan maksud hendak membawakan pidato tentang kebersihan. Materi tentang kebersihan memang menjadi bahasan yang serius. Mengingat, materi ini berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari.  

Isi Pidato

Hadirin yang berbahagia, perilaku bersih dan menjaga kebersihan sebenarnya telah diperintahkan Allah dalam Al-Quran. Perintah tersebut terangkum dalam surat Al-Baqarah ayat 222 yang berbunyi sebagai berikut. 

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya: "Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri,"

Dari ayat tersebut, kita bisa belajar bahwa Allah saja menyukai kebersihan. Jadi ketika kita kotor atau sedang hadas, maka perlu disucikan dengan cara mandi atau berwudhu. 

Bahkan mungkin kita sering dengar tentang dalil "Kebersihan sebagian dari iman". Dalil tersebut mengisyaratkan bahwa orang yang senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, maka ia merupakan orang yang menaati perintah Allah (beriman). 

Nabi Muhammad juga menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan. Seperti pada hadist berikut ini.

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ

Artinya: "Bersihkanlah segala sesuatu semampu kamu. Sesungguhnya Allah ta'ala membangun Islam ini atas dasar kebersihan dan tidak akan masuk surga kecuali setiap yang bersih." (HR Ath-Thabrani).

Saudara-saudaraku sekalian, 

Dari hadist di atas, kita bisa belajar bahwa kebersihan (fisik dan jiwa) merupakan cerminan agama Islam. Karena agama Islam dibentuk dari kesucian. 

Nabi juga menjelaskan bahwa di surga, merupakan orang-orang yang bersih (dari dosa). Oleh karena itulah kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan jiwa, badan, dan lingkungan.

Dampak dari menjaga kebersihan tentu sangat banyak. Misalnya saja kita bisa merasa nyaman dengan lingkungan dan badan, kemudian kita juga jadi lebih sehat dan bebas dari penyakit. 

Bahkan dengan selalu menjaga kebersihan, pikiran kita juga akan ikut positif. Sehingga semua tindakan menjadi lebih positif dan bermakna.

Penutup Pidato

Jangan pernah sungkan untuk menjaga kebersihan badan dan lingkungan. Karena kita sendirilah yang akan mendapatkan manfaat dari perilaku hidup bersih tersebut. 

Semoga dengan selalu menjaga kebersihan, kita bisa mendapatkan rahmat dan nikmat dari Allah. Semoga Allah mengangkat derajat kita atas kebersihan jiwa dan raga yang selalu dijaga.

Demikian pidato singkat tentang kebersihan yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. 

Wassalamualaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Penutup

Nah itulah contoh pidato tentang kebersihan lingkungan rumah yang dapat Jafarull sampaikan. Sudah jelaskan seperti apa contohnya? Kira-kira sudah mulai bisa membuatnya atau belum nih? 

Semoga pembahasan Jafarull tentang contoh pidato singkat tentang kebersihan dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman kalian ok.

Post a Comment for "Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lengkap dengan Dalil dan Strukturnya"