Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Rasul Ulul Azmi Ada Lima Orang, Sebutkan Beserta Mukjizatnya!

rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan
rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan

Jafarul.com - Diantara Rasul-rasul Allah, terdapat Ulul Azmi. Rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan siapa saja mereka? Jangan khawatir, Jafarull akan bahas soal ini secara detail untuk kalian semua. 

Dalam agama Islam, terdapat 25 Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui. Diantara ke-25 Nabi dan Rasul tersebut, terdapat 5 Rasul yang bergelar Ulul Azmi.  

Ulul Azmi diberikan kepada rasul yang memiliki ketabahan dan ketakwaannya kepada Allah. Sehingga Allah mengangkat derajat Rasul tersebut. 

Rasul ulul azmi berjumlah sebutkan, diantaranya yakni Nabi Muhammad SAW, Nabi Ibrahim AS, Nabi Nuh AS, Nabi Isa AS, Nabi Musa AS. 

Rasul Ulul Azmi Ada Lima Orang Sebutkan

Seperti yang telah Jafarull sebutkan sebelumnya, Rasul yang bergelar Ulul Azmi di atas memiliki mukjizat masing-masing. Berikut ini Jafarull akan sebutkan 5 Rasul ulul azmi beserta mukjizatnya sebagai berikut. 

1. Nabi Muhammad SAW

rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan
rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan

Nabi Muhammad merupakan Nabi yang menjadi panutan umat Islam. Nabi Muhammad SAW sebagai Uswatun Hasanah artinya menjadi panutan dan teladan bagi umat Islam. 

Kita diperintahkan untuk meneladani sikap, perilaku, hingga ibadah beliau. Nabi Muhammad menjadi Nabi yang memiliki mukjizat paling banyak dibandingkan dengan Nabi-nabi lain. 

Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang paling istimewa adalah kitab Al-Quran. Kitab tersebut menjadi penyempurnaan dari kitab-kitab terdahulu. Kitab Al-Quran juga menjadi petunjuk bagi umat manusia.

Selain itu, terdapat mukjizat lain seperti peristiwa Isra Mi'raj. Peristiwa ini begitu penting, karena dari peristiwa tersebut, ditetapkan perintah sholat lima waktu. 

2. Nabi Ibrahim AS

rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan
Ilustrasi Ka'bah

Nabi Ibrahim memiliki julukan bapak dari semua Nabi. Beliau merupakan Nabi yang sangat dihormati oleh Nabi-nabi lainnya. Beliau bahkan sangat dihormati ditiga Agama, yakni Islam, Kristen, dan Yahudi. 

Mukjizat Nabi Ibrahim yang paling terkenal adalah tubuhnya tidak terbakar api saat dirinya dibakar oleh Raja Namrud. Api yang membakarnya terasa sejuk berkat Mukjizat yang diberikan oleh Allah. 

Selain itu, terdapat juga mukjizat berupa menghidupkan kembali makhluk yang telah mati. Mukjizat ini juga diabadikan oleh Allah dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 260. 

Mukjizat lainnya yakni menjadi orang pertama yang membangun Ka'bah, bersunat, dan berqurban. Hingga akhirnya ajaran Nabi Ibrahim disempurnakan oleh Islam (mengenai tata cara berjanji, berqurban, hingga kewajiban sunat bagi laki-laki). 

3. Nabi Nuh AS

rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan
Ilustrasi bahtera Nabi Nuh

Nabi Nuh mendapatkan gelar Ulul Azmi karena kesabarannya dalam menyampaikan agama Allah kepada umatNya. Saat menyampaikan agama Allah, Nabi Nuh mendapatkan cacian dan perlawanan. 

Bahkan Isteri dan anak Nabi Nuh juga melawannya. Meski begitu, beliau tetap bersabar untuk menyampaikan apa yang diperintahkan oleh Allah. 

Mukjizat Nabi Nuh diantaranya yakni diberi umur yang panjang. Tercatat, Nabi Nuh hidup selama 950 tahun. Selama itu pula, ia berusaha menyampaikan agama Allah. 

Mukjizat lainnya yakni membuat kapal atau bahtera yang begitu besar. Sehingga kapal tersebut mampu menyelamatkan makhluk hidup di bumi (hewan-hewan hingga manusia). 

Selain itu, terdapat juga mukjizat berupa selamat dari Azab yang diturunkan kepada umatNya yang telah ingkar kepada Allah dan tidak mau menaati perintahnya. 

4. Nabi Isa AS

rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan
Ilustrasi mukjizat Nabi Isa

Nabi Isa AS merupakan Nabi yang lahir tanpa ayah. Beliau lahir dari rahim Siti Maryam. Karena dahulu beliau lahir tanpa ayah, maka orang Yahudi memfitnah Siti Maryam dan menuduhnya berbuat yang tidak-tidak. 

Padahal kejadian tersebut merupakan mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Isa. Mukjizat Nabi Isa yang cukup familiar adalah ia dapat berbicara dengan jelas saat masih bayi. 

Beliau bisa menjelaskan dengan detail dan gamblang mengenai apa yang terjadi pada dirinya dan ibunya. Selain itu, mukjizat lainnya yakni dapat menghidupkan orang yang telah meninggal. 

Pernah ada suatu kisah, Nabi Isa menunjukkan kuasa Allah dengan menghidupkan orang yang telah mati. Namun umatNya justru menganggap bahwa Nabi Isa bukan manusia biasa / tuhan. 

Selain itu, Nabi Isa juga memiliki mukjizat yang besar berupa kitab Injil. Bahkan beliau juga bisa menurunkan makanan dari langit hanya dengan berdoa saja. 

5. Nabi Musa AS

rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan
rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan

Nabi Musa merupakan Nabi yang hidup di zaman Fir'aun. Beliau merupakan orang yang pada masa itu menentang apa yang dilakukan oleh Fir'aun. Karena saat itu, Raja Fir'aun bersikap seolah-olah seperti tuhan dan memerintahkan rakyatnya untuk menyembahnya. 

Mukjizat Nabi Musa diantaranya adalah dapat membelah lautan dengan tongkat yang dimilikinya. Nabi Musa membelah lautan saat dikejar oleh Raja Fir'aun beserta tentaranya. 

Ketika Nabi Musa telah menyebrangi lautan, tiba-tiba laut tersebut kembali menutup dan memakan raja Fir'aun beserta tentaranya. 

Selain itu, tongkat Nabi Musa juga bisa berubah menjadi ular. Saat itu, Nabi Musa ditantang oleh penyihir di zaman itu untuk beradu kekuatan.

Penutup

Bagaimana sobat, sekarang sudah tahu kan, rasul ulul azmi ada lima orang sebutkan siapa saja? Jafarull juga memberikan penjelasan beserta mukjizat yang dimiliki oleh Rasul Ulul Azmi. 

Semoga apa yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman kalian ya. Agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui. 

Post a Comment for "Rasul Ulul Azmi Ada Lima Orang, Sebutkan Beserta Mukjizatnya!"