10 Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan Untuk Pelajar

cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar
cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar

Jafarull.com - Bagi seorang pelajar yang ingin mengumpulkan uang, kamu perlu mengetahui cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar yang Jafarull bagikan berikut. 

Mengumpulkan uang bagi seorang pelajar memang tidak semudah seperti yang orang sudah bekerja. 

Wajar saja, mengingat para pelajar hanya memiliki pendapatan terbatas yang nilainya mungkin sangat kecil. 

Sehingga ketika seorang pelajar menginginkan sesuatu, maka ia akan menabung terlebih dahulu hingga uang tersebut terkumpul banyak. 

Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta Dalam 1 Bulan Untuk Pelajar

Tercatat ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengumpulkan uang banyak dalam waktu satu bulan. Seperti apa sih caranya? Simak pemaparan dari Jafarull berikut ini.

1. Menentukan Tujuan Menabung

cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar
cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar

Cara mengumpulkan uang 3 Juta dalam 1 bulan untuk pelajar SD yang pertama yakni menentukan tujuan menabung. Kamu harus tahu tujuan menabung itu untuk apa. 

Misalnya saja, kamu menabung untuk membeli hp baru, membeli komik baru, membeli buku baru, atau bahkan untuk membuka usaha.

Tujuan ini sangat penting untuk diterapkan terlebih dahulu. Karena jika kamu tidak menentukan tujuan menabung, pasti semangat menabung akan sirna dan tidak akan pernah dilakukan.

2. Menentukan Target Uang yang Akan di Tabung

Cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 waktu bulan untuk pelajar yakni dengan menentukan target uang yang kamu tabung. 

Jadi biasanya pelajar memiliki pendapatan harian entah dari uang saku atau uang jajan. Nah kamu harus mengelola uang tersebut dengan cermat. 

Umumnya, pengelolaan uang untuk menabung memakai sistem 50/30/20. Artinya, total pendapatan kamu dalam sehari dibagi menjadi tiga bagian. 

Kamu bisa menyisihkan 50% untuk ditabungkan, 30% untuk kebutuhan sehari-hari, dan 20% untuk dana darurat (jika sewaktu-waktu dibutuhkan).

Pembagian ini sangat efektif untuk kamu yang ingin mengumpulkan uang dengan cepat dan memanage uang dengan baik. 

3. Menentukan Target Waktu Menabung

cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar
cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar

Cara mengumpulkan uang 1 juta dalam 1 bulan untuk pelajar yang selanjutnya yakni dengan menentukan target waktu menabung. 

Misalnya saja, kamu akan menabung selama waktu 1 bulan, 2 bulan, atau bahkan hingga 3 bulan. 

Jadi misalkan kamu ingin mendapatkan uang 3 juta dalam satu bulan, maka kamu bisa memakai hitungan 3 juta dibagi 30 hari sama dengan 100 ribu. 

Jadi paling tidak, kamu wajib menyisihkan uang sebanyak 100 ribu dalam sehari. Dengan begitu, ketika telah mencapai 30 hari, maka uang yang terkumpul menjadi 3 juta.

4. Simpan Uang Recehan

Jangan sepelekan uang recehan 1000 atau 2000an. Karena dari uang receh bisa menjadi belasan juta. 

Cara menabung uang 2000 jadi 11 juta yakni dengan menyimpan uang recehan. Jadi ketika kamu mendapatkan uang receh dari ayah, ibu, atau saudara, silahkan simpan uang tersebut. 

Karena ketika kamu mengumpulkan uang recehan secara rutin, maka lama-kelamaan uang tersebut akan menjadi banyak. 

Hal ini tentunya bisa menambah pendapatan kamu untuk bisa menabung uang 3 juta dalam waktu satu bulan. 

5. Menabung di Celengan

cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar
cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar

Cara mengumpulkan uang 3 juta yang bisa kamu terapkan yakni dengan menabung di celengan. 

Cara seperti ini memang terdengar sangat kuno dan ketinggalan jaman. Tetapi ternyata menabung di celengan masih sangat efektif loh.

Cara menabung yang baik di celengan pun sangat mudah. Kamu hanya perlu membeli celengan sederhana atau toples bekas untuk mengumpulkan uang

Silahkan tutup bagian dinding celengan dengan kertas yang sekiranya kita tidak bisa melihat isinya. Dengan begitu, kita akan tetap semangat untuk menabung.

6. Buat Tabel Harian

Langkah selanjutnya yakni kamu bisa membuat tabel menabung 3 juta selama 1 bulan. 

Jadi tabel ini berfungsi untuk mengingatkan kamu untuk selalu menabung. Jadi ketika kamu menabung, kamu bisa ceklis tabel tersebut. 

Jika metode ini diterapkan, maka kamu akan jadi konsisten untuk menabung dan akan gampang mengumpulkan uang hingga 3 juta atau bahkan lebih.

7. Bawa Bekal dari Rumah

cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar
cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar

Cara menabung 1 juta dalam 3 bulan bagi seorang pelajar yakni kamu harus membawa bekal sendiri dari rumah. 

Tips ini menjadi sangat wajib untuk kamu terapkan jika ingin menabung dengan cepat. Karena hasilnya memang cukup memuaskan dan sudah terbukti.  

Ketika di sekolah, kamu tidak perlu jajan. Kamu hanya perlu makan bekal dari rumah saja. Selain irit, bekal dari rumah juga terjamin kebersihannya. 

8. Cari Uang Tambahan

Cara mengumpulkan uang 2 juta dalam 1 bulan yakni dengan mencari tambahan uang. Cara ini bisa kamu lakukan ketika pulang sekolah. 

Misalnya saja, kamu bisa mencari tambahan uang dengan menjadi penulis di website, membantu tetangga, mengumpulkan botol plastik bekas, hingga menjual produk. 

Cara ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Kuncinya adalah tidak malu dan tidak gengsi. Kamu hanya perlu mencoba dan terus evaluasi setiap progresnya. 

9. Kurangi Nongkrong

cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar
cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar

Cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar yakni dengan mengurangi nongkrong dan aktivitas tidak produktif lainnya. 

Kegiatan tidak produktif antara lain hanya tidur-tiduran dan malas-malasan, nongkrong sampai larut malam, hingga kebanyakan main game.

Kamu bisa mengurangi aktivitas tidak produktif tersebut dan mencoba beralih ke aktivitas produktif. Dengan begitu, kamu bisa mengumpulkan uang 3 juta dengan mudah.

10. Kurangi Jajan

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan yakni dengan mengurangi uang jajan. Kamu bisa mengalokasikan uang jajan untuk uang darurat. 

Cara seperti ini memang sangat menyiksa. Karena kamu harus bersabar selama 30 hari untuk mencapai tujuanmu. 

Namun dampak baiknya, kamu akan menjadi pribadi yang lebih bijak dalam mengelola uang. Selain itu, tujuan menabung yang kamu rencanakan juga bisa tercapai.

penutup

Demikianlah beberapa cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar yang dapat kamu terapkan sendiri. Cara di atas wajib kamu jalankan secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi dari Jafarull ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url