11 Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah
cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah

Jafarull.com - Apakah kamu sedang mencari cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah? Kalau begitu, kamu bisa menyimak informasi dari Jafarull berikut ini.

Menabung merupakan aktivitas yang wajib ditanamkan dalam diri seorang pelajar. Karena dengan rajin menabung, seorang pelajar akan lebih mudah mengelola uang.

Materi tentang mengelola uang memang tidak diajarkan di dalam sekolah. Karena itulah, kamu bisa mempelajarinya sendiri melalui kegiatan menabung

Setiap orang yang menabung tentunya memiliki berbagai tujuan. Nah bagi kamu yang ingin menabung, kamu bisa simak ulasan dari Jafarull berikut ini. 

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Tercatat, ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk menabung uang 1 juta dalam waktu satu bulan. Beberapa cara tersebut kamu bisa simak ulasan Jafarull berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Menabung

cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah
cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah

Cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar yang harus kamu lakukan yakni menentukan tujuan menabung. Kamu harus tahu tujuan menabung yang kamu lakukan itu untuk apa. 

Misalnya saja, kamu menabung dan mengumpulkan uang untuk membeli smartphone baru, membeli buku baru, untuk berwisata, dan lain sebagainya.  

Tujuan menabung sangat penting untuk diterapkan terlebih dahulu. Mengingat, dengan adanya tujuan yang jelas, maka nabung jadi lebih semangat.

2. Menentukan Target Waktu Menabung

Cara menabung get 1 juta per bulan yang selanjutnya yakni dengan menentukan target dan batas waktu kamu menabung. 

Kamu harus memiliki target berapa lama akan menabung. Misalnya saja, kamu menentukan akan menabung selama waktu 1 bulan, 2 bulan, atau hingga 3 bulan. 

Contoh; jika kamu kamu ingin mendapatkan uang 1 juta dalam satu bulan, dalam sehari paling tidak kamu menabung dengan jumlah 33 ribu atau 34 ribu. 

Jumlah tersebut tidak boleh kurang agar target menabung selama satu bulan bisa tercapai dengan baik. 

3. Mengelola Uang Harian

cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah
cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah

Selanjutnya, cara menabung 1 juta dalam 3 bulan yakni dengan mengelola uang harian untuk ditabung. 

Pada umumnya, pelajar memiliki pendapatan harian dari uang saku atau dari uang jajan. Nah kamu harus mengelola uang tersebut dengan cermat. 

Kamu bisa memakai sistem 100% : 3 (50/30/20). Jadi total pendapatan kamu dalam sehari dibagi menjadi tiga bagian.

Kamu bisa menyisihkan 50% untuk ditabungkan. Kemudian uang 30% untuk kebutuhan sehari-hari, dan 20% untuk dana darurat. 

Pembagian ini sangat efektif dan bisa kamu terapkan dengan mudah. Karena dengan begitu, kamu jauh lebih bisa mengelola uang untuk kebutuhan sehari-hari. 

4. Buat Tabel Menabung Harian

Langkah selanjutnya yakni dengan membuat tabel menabung 1 juta perbulan. Cara ini sangat efektif untuk membuatmu konsisten mengumpulkan uang.

Jadi tabel ini berfungsi sebagai pengingat bagi kamu agar selalu menabung. Jadi ketika kamu menabung, kamu bisa ceklis tabel tersebut. 

Tabel seperti ini juga banyak sekali digunakan. Hal ini tak terlepas dari keefektifan menabung yang bisa menjadi lebih konsisten dan bisa sesuai dengan target.

5. Simpan Uang Sekecil Apapun Nilainya

cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah
cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah

Jangan pernah remehkan uang sekecil apapun nilainya. Karena ketika uang dengan pecahan terkumpul banyak, maka akan terlihat lebih besar nilainya. 

Istilah kerennya yakni kecil-kecil lama-lama akan jadi bukit. Kita ambil contoh saja pecahan uang 2000. 

Menabung 2 ribu setahun dapat berapa? Satu tahun ada 360 hari. Maka 360 x 2000 = 720.000. Lumayan besar juga bukan? 

Jadi mulai sekarang ketika kamu mendapatkan uang receh dari ayah, ibu, atau saudara, kamu bisa simpan uang tersebut. 

Hal ini tentunya bisa menambah pendapatan kamu untuk bisa menabung uang 1 juta per bulan. 

6. Menabung di Celengan

Tips menabung untuk pelajar yang bisa kamu terapkan yakni dengan menabung di celengan. Cara ini memang terdengar sangat kuno dan ketinggalan jaman. 

Namun nyatanya, menabung di celengan hingga saat ini masih sangat efektif loh. Cara menabung di celengan juga sangat mudah sekali. 

Kamu hanya perlu membeli celengan sederhana atau toples bekas untuk mengumpulkan uang

Jika kamu memakai toples, alangkah baiknya uang tutup bagian dinding celengan dengan kertas agar tidak bisa melihat isinya. Dengan begitu, kita akan tetap semangat untuk menabung.

7. Bawa Bekal dari Rumah

cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah
cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan yang dapat kamu terapkan yakni dengan membawa bekal sendiri dari rumah. 

Tips menabung ini cukup efektif untuk menghemat pengeluaran harian. Bahkan dengan tips ini, uang yang kamu dapatkan akan jadi lebih banyak.   

Jadi ketika berada di sekolah dan saat jam istirahat, kamu hanya perlu makan bekal yang telah dibawa. Selain irit, bekal dari rumah juga terjamin kebersihannya. 

8. Mencari Tambahan Uang

Tips menabung harian yang bisa kamu terapkan yakni dengan mencari tambahan uang. Cara ini bisa kamu terapkan ketika pulang sekolah. 

Jadi sepulang sekolah, kamu bisa mencari tambahan uang dengan menjadi penulis di website, menjadi kuli di pasar, membantu orang yang membutuhkan, mengumpulkan botol plastik bekas, hingga menjual produk. 

Walaupun cara ini begitu efektif, akan tetapi waktu dan tenaga kamu akan tersita banyak. Oleh karena itulah, kamu wajib mengelola waktu dengan baik. 

9. Kurangi Nongkrong

cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah
cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah

Cara menabung uang 2000 jadi 11 juta yang bisa kamu terapkan yakni dengan mengurangi nongkrong dan aktivitas tidak produktif lainnya.

Cara ini sangat efektif untuk mendukung program menabung selama satu bulan. Karena kamu akan jadi pemikir dan jadi lebih disiplin.

Kamu bisa mengurangi aktivitas tidak produktif dan mencoba beralih ke aktivitas produktif. Dengan begitu, kamu bisa mengumpulkan uang 1 juta dengan mudah.

10. Jangan Beli Barang Selama Menabung

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yakni dengan tidak membeli barang selama periode menabung. 

Jadi misalnya kamu menabung untuk waktu 2 bulan, maka kamu bisa puasa membeli barang-barang selama waktu tersebut. 

Cara ini bisa kamu terapkan dengan sedikit paksaan. Karena terkadang dalam sebulan ada saja godaan yang datang untuk membeli barang.

11. Puasa untuk Jajan

Terakhir, kamu juga harus berhenti jajan selama periode menabung. Kamu bisa mengalokasikan uang jajan untuk uang darurat. 

Misalnya saja kamu memiliki uang jajan sebesar 5 ribu. Jadi menabung 5 ribu 1 bulan dapat berapa? Kamu bisa kalikan 30 hari x 5000 = 150.000

Cara seperti ini memang sangat menyiksa dan menguras tenaga. Karena kamu harus bersabar selama 30 hari untuk mencapai tujuanmu. 

Namun sisi baiknya, kamu akan menjadi pribadi yang lebih bijak dalam mengelola uang. Selain itu, tujuan menabung yang kamu rencanakan juga bisa tercapai. 

Penutup

Demikianlah beberapa cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang dapat kamu terapkan sendiri. Silahkan praktekan agar kamu bisa mendapatkan hasil dari menabung. Semoga apa yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url