Hukum Mewakafkan Harta Adalah Apa? Begini Jawabannya!

hukum mewakafkan harta adalah
hukum mewakafkan harta adalah

Jafarull.com - Tahukah kamu, hukum mewakafkan harta adalah apa? Mari simak pembahasan Jafarull agar tahu jawaban yang tepat dan benar. 

Wakaf merupakan sebuah bentuk menahan suatu barang, dan menyalurkan manfaatnya dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. 

Wakaf juga bisa berarti penyerahan harta yang tahan lama agar dimanfaatkan oleh orang lain. Tujuan orang berwakaf adalah mendekatkan diri kepada Allah dan untuk memperoleh tempat terbaik di sisi Allah. 

Karena wkaf merupakan bentuk perbuatan yang baik dan menjadi amal jariah bagi pemberi. Lantas bagaimana hukum dari wakaf?

Hukum Mewakafkan Harta Adalah?

Setelah Jafarull telusuri lebih dalam, wakaf Hukumnya adalah sunnah. Hal ini karena wakaf termasuk bagian dari sedekah dan salah satu perbuatan yang baik dan dianjurkan oleh Rasulullah. 

Masalah wakaf juga telah disinggung dalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 92 yang berbunyi sebagai berikut.

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Artinya: "Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui."

Dari ayat tersebut, Allah secara terang-terangan memerintahkan manusia untuk menginfakkan harta atau mewakafkan harta yang dimiliki. 

Tujuannya agar dapat memperoleh kebajikan dan tempat terbaik di sisiNya. Karena harta yang kita sedekahkan di dunia, akan menjadi tabungan di akhirat kelak. 

Berdasarkan penjelasan di atas, kita Jafarull dapat menyimpulkan bahwa Hukum mewafatkan harta adalah sunnah. 

Jadi ketika kita memiliki kelebihan harta, alangkah baiknya diwakafkan untuk kepentingan umat. Dengan begitu kita bisa memperoleh keberkahan dari Allah.

Penutup

Jadi sekarang kamu sudah tahu hukum mewakafkan harta adalah apa? Kamu juga bisa melihat dasar hukum wakaf dalam al-Quran. Semoga apa yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url