Orang yang Berhasil Berlomba Dalam Kebaikan Maka Orang Tersebut Akan?

Orang yang berhasil berlomba dalam kebaikan maka orang tersebut akan
Orang yang berhasil berlomba dalam kebaikan maka orang tersebut akan

Jafarull.com - Tahukah kamu, Orang yang berhasil berlomba dalam kebaikan maka orang tersebut akan apa? Mari simak pembahasan soal berikut agar kamu tahu jawaban yang tepat. 

Soal tentang berlomba lomba dalam kebaikan ini sering muncul dalam ulangan harian dan ujian sekolah. Karena itu, kamu perlu menyimak pembahasan dari Jafarull. 

Sebenarnya perintah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan telah dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 148. 

وَلِكُلٍّ وِّجۡهَةٌ هُوَ مُوَلِّيۡهَا ‌ۚ فَاسۡتَبِقُوا الۡخَيۡرٰتِؕ اَيۡنَ مَا تَكُوۡنُوۡا يَاۡتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيۡعًا ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ

Latin: Wa likullinw wijhatun huwa muwalliihaa fastabiqul khairaat; ayna maa takuunuu yaati bikumullaahu jamii'aa; innal laaha 'alaa kulli shai'in qadiir

Artinya: Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Orang yang Berhasil Berlomba Dalam Kebaikan Maka Orang Tersebut Akan?

Setelah Jafarull telusuri lebih dalam, ada beberapa dampak bagi orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan. Dampak atau efek tersebut telah Jafarull rangkum berikut ini.

1. Mendapatkan Keberkahan dari Allah

Orang yang berhasil menerapkan berlomba-lomba dalam kebaikan akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. 

Hal ini karena perbuatan baik yang diterapkan akan terus mendarah daging. Selain itu, perbuatan baik juga perintah langsung dari Allah.

Namun harus selalu diingat, dalam melakukan perbuatan akan dinilai baik apabila perbuatan tersebut didasari dengan niat mengharap Ridho dari Allah

Karena tanpa niat yang baik, maka perbuatan baik yang kita lakukan akan menjadi sia-sia dan tidak mendapatkan pahala.

2. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah

Saat kamu menjalankan konsep berlomba-lomba dalam kebaikan, maka kamu akan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. 

Hal ini karena setiap perbuatan baik akan dicatat sebagai amal baik. Ketika kita sering menerapkan perbuatan baik, maka kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah. 

3. Merasa Lebih Bahagia

Orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan juga akan merasa lebih bahagia. Karena perbuatan baik akan menarik hal-hal baik ke dalam hidupnya. 

Namun kamu harus tetap ingat, berlomba-lomba dalam kebaikan harus dilakukan semata-mata karena Allah. 

Jangan pernah meniatkan diri untuk mengharap pujian dari manusia. Karena hal tersebut akan sangat sia-sia sekali.

4. Selalu Dibimbing Oleh Allah

Orang yang senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan akan selalu dibimbing oleh Allah. Ia akan merasa lebih tenang dan tidak akan gelisah. 

Dalam mengambil keputusan, ia akan selalu meminta dan mengadukan kepada Allah terlebih dahulu. Sehingga hidupnya akan selalu dibimbing Allah.

Penutup

Sekarang kamu tahu kan, orang yang berhasil berlomba dalam kebaikan maka orang tersebut akan apa? Semoga apa yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url