Pesan Apa yang Terkandung dalam QS Alkafirun Ayat 1-6? Begini Penjelasannya!

Pesan Apa yang Terkandung dalam QS Alkafirun
Pesan Apa yang Terkandung dalam QS Alkafirun

Jafarull.com - Tahukah kamu, pesan apa yang terkandung dalam QS Alkafirun? Mari simak pembahasan Jafarull berikut ini agar kamu bisa tahu mengenai kandungan surat Al-Kafirun secara lengkap.

Soal tentang pesan apa yang terkandung dalam QS surat Al-Kafirun memang sering keluar pada ulangan harian dan ujian sekolah. Oleh karena itu, kamu perlu menyimak pembahasan dari Jafarull berikut.

Surat Al Kafirun diturunkan dalam kondisi yang menuntut adanya pemisahan tegas antara tauhid dan syiriq. Saat itu, Rasulullah dihadapkan oleh kesepakatan antara muslim dan non muslim untuk membuat kompromi teologis.

Pada waktu itu, para pembesar kaum musyrik Quraisy berusaha sekuat tenaga agar Rasulullah SAW berhenti menyebarkan agama Islam.

Bahkan kaum Quraisy juga menawarkan jabatan yang tinggi kepada Nabi Muhammad SAW jika Nabi meninggalkan agama Islam. Mereka juga menawarkan kepada Nabi seraya berkata:

"Wahai Muhammad! Marilah engkau menyembah apa yang kami sembah. Maka, kami pun menyembah apa yang engkau sembah. Kita bekerja sama dalam segala hal,"

Dari peristiwa tersebut, Allah SWT menurunkan surah Al Kafirun untuk menjawab ajakan dari para kaum Quraisy. Surat Al-Kafirun juga menegaskan kesucian Islam dari agama mereka yang bathil dan ibadah mereka yang mengada-ada.

Pesan Apa yang Terkandung dalam QS Alkafirun

Dari kisah di atas, sebenarnya kita bisa mengambil kesimpulan mengenai pesan pesan yang terkandung dalam surat Al Kafirun ayat 1-6. Berikut Jafarull menguraikannya untuk kamu semua. 

  1. Larangan mencampuradukkan ibadah agama. (misal, umat Islam tidak boleh menjalankan ibadahnya orang Kristen. Begitu pula sebaliknya)
  2. Larangan menyamakan aqidah agama.
  3. Menegaskan bahwa tuhan yang disembah umat Islam sangat berbeda dengan tuhan yang disembah oleh kaum Quraisy.
  4. Menegaskan mengenai batasan toleransi beragama. Artinya, umat Islam menghormati dan menghargai agama lain, tetapi tidak harus ikut-ikutan cara ibadah mereka. 
  5. Perintah untuk terus berpegang teguh pada agama.

Kandungan surat Al Kafirun di atas perlu menjadi perhatian bagi kita semua. Karena suart tersebut menjadi dasar untuk kita bertoleransi dalam beragama. 

Dengan memahami Pesan yang terkandung dalam surat Al Kafirun ayat 6, semoga bisa lebih menebalkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT. 

Nah untuk bacaan dan tulisan surah Al Kafirun lengkap dengan artinya adalah sebagai berikut:

1. قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

Latin: qul yā ayyuhal-kāfirụn

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), "Wahai orang-orang kafir!"

2. لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ

Latin: lā a'budu mā ta'budụn

Artinya: "aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,"

3. وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ

Latin: wa lā antum 'ābidụna mā a'bud

Artinya: "dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah,"

4. وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ

Latin: wa lā ana 'ābidum mā 'abattum

Artinya: "dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,"

5. وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ

Latin: wa lā antum 'ābidụna mā a'bud

Artinya: "dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah."

6. لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ

Latin: lakum dīnukum wa liya dīn

Artinya: "Untukmu agamamu, dan untukku agamaku."

Penutup

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan, pesan apa yang terkandung dalam QS Alkafirun adalah apa? Semoga apa yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url