Pidato yang Dilakukan Dengan Cara Menghafal Naskah Disebut?

Pidato yang Dilakukan Dengan Cara Menghafal Naskah Disebut
Pidato yang Dilakukan Dengan Cara Menghafal Naskah Disebut

Jafarull.com - Tahukah kamu, metode pidato yang dilakukan dengan cara menghafal naskah disebut apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut ini agar kamu bisa tahu jawaban yang tepat dan benar.

Pidato adalah bentuk komunikasi di depan umum yang menyampaikan suatu informasi atau pendapat kepada orang banyak. 

Baca Juga: Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup di Sekolah

Ada beberapa metode pidato yang perlu kamu perhatikan. Lantas, untuk pidato yang dilakukan dengan cara menghafal naskah disebut apa? 

Untuk menjawab soal tersebut, Jafarull telah menyajikan jawaban serta pembahasan yang lengkap di bawah ini. Karena itu, simak artikel Jafarull hingga selesai ya.

Pidato yang Dilakukan Dengan Cara Menghafal Naskah Disebut?

Setelah Jafarull telusuri lebih dalam, ternyata metode pidato yang dilakukan dengan cara menghafal keseluruhan teks atau naskah pidato disebut dengan metode memoriter

Baca Juga: Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lengkap dengan Dalil dan Strukturnya

Memoriter berasal dari kata dasar "Memori" yang berarti penyimpanan. Jadi maksudnya adalah materi pidato disimpan di dalam otak dengan cara menghafal. 

Sehingga saat berpidato di depan umum, bisa ingat kembali apa yang telah disimpan di dalam otak. 

Sebelum membacakan naskah pidato, hal yang terlebih dahulu kita lakukan adalah memahami pokok-pokok isi pidato. Tujuannya agar kamu bisa lebih paham dan tidak melenceng dari naskah pidato. 

Baca Juga: Contoh Pidato Lingkungan Hidup Singkat dan Jelas Beserta Strukturnya

Nah untuk lebih jelasnya terkait metode pidato, kamu bisa menyimak beberapa metode yang telah Jafarull rangkum berikut.

4 Metode Pidato yang Harus Kamu Tahu

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, ada empat metode pidato yang dapat kamu terapkan. Berikut Jafarull telah merangkumnya untuk kamu semua. 

1. Impromptu

Pidato yang dilakukan secara spontan disebut dengan metode impromptu. Metode ini merupakan metode berpidato tanpa persiapan sama sekali. Jadi orang yang berpidato tidak membuat naskah dan tidak ada persiapan apapun.

Baca Juga: Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan Singkat Beserta Strukturnya

2. Memoriter

Memoriter adalah metode pidato dengan cara menghafal keseluruhan naskah pidato. Jadi sebelum berpidato, harus menghafal terlebih dahulu dari pembukaan hingga penutup. 

3. Naskah atau Manuskrip

Pidato yang dilakukan dengan cara membaca naskah disebut metode manuskrip atau metode naskah. Orang yang berpidato memakai metode ini akan membaca keseluruhan naskah pidato dari pembukaan hingga penutup. 

4. Ekstemporan

Terakhir ada metode ekstemporan yang merupakan metode berpidato dengan cara mencatat garis besar isi pidato dan membawanya saat berpidato. 

Baca Juga: Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan Masyarakat

Metode jenis ini hampir mirip dengan metode naskah. Bedanya, pada metode ini yang dibawa saat berpidato merupakan catatan penting materi pidato

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu kan, pidato yang dilakukan dengan cara menghafal naskah disebut apa? Semoga apa yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url