Salah Satu Cara Untuk Mengetahui Seseorang Terinfeksi HIV Adalah?

Salah Satu Cara Untuk Mengetahui Seseorang Terinfeksi HIV Adalah
Salah Satu Cara Untuk Mengetahui Seseorang Terinfeksi HIV Adalah

Jafarull.com - Tahukah kamu, salah satu cara untuk mengetahui seseorang terinfeksi HIV adalah apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut agar kamu bisa tahu jawabannya.

HIV merupakan penyakit yang berbahaya dan hingga saat ini belum ada obatnya. Penderitanya hanya bisa bertahan hidup dengan menggantungkan diri pada obat-obatan.

Ciri-ciri HIV pada wanita umumnya akan merasakan gejala berupa tidak teraturnya menstruasi, adanya infeksi jamur, perubahan pada kuku, keringat malam, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri HIV pada pria umumnya akan merasakan gejala berupa batuk kering, ruam mulut, kelelahan, nyeri dan kesemutan, hingga sering mengalami demam.

Untuk mengetahui seseorang terkena HIV atau tidak, tentu memerlukan sebuah tes. Lantas tes apa yang perlu dilakukan? 

Salah Satu Cara Untuk Mengetahui Seseorang Terinfeksi HIV Adalah

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, cara yang ampuh untuk mendeteksi bahwa seseorang mengidap penyakit HIV adalah dengan tes pemeriksaan darah. 

Karena virus HIV AIDS akan menyerang sel darah putih yang memungkinkan terjadinya penurunan antibodi. 

Sehingga tubuh penderita akan mudah terkena penyakit dan terasa sangat lemah. Selain pemeriksaan darah, ada beberapa tes lain untuk mendeteksi HIV. 

Misalnya saja tes antibodi yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antibodi dalam darah untuk melawan penyakit HIV

Kemudian ada juga tes antibodi dan antigen. Umumnya tes ini dilakukan untuk pendeteksian dan pencegahan. 

Selain itu ada juga tes Nucleic acid testing (NAT) atau tes asam nukleat. Tes ini cukup mahal tetapi sangat ampuh mendeteksi dini orang terkena HIV.

Terakhir ada tes VCT (voluntary counseling and testing) yang merupakan tes sukarela untuk mendeteksi HIV sekaligus untuk merawat dan mengobatinya.

Penutup

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan, salah satu cara untuk mengetahui seseorang terinfeksi HIV adalah apa? Semoga apa yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url