Tulis dan Jelaskan 7 Sifat Berita! Begini Jawaban yang Tepat dan Benar!

Tulis dan jelaskan 7 sifat berita
Tulis dan jelaskan 7 sifat berita

Jafarull.com - Apakah kamu pernah mendapatkan soal untuk Tulis dan jelaskan 7 sifat berita? Simak jawaban yang tepat dan benar dari Jafarull berikut ini. 

Berita adalah laporan atau informasi yang di dalamnya memuat suatu peristiwa nyata. Umumnya peristiwa pada berita harus sesuai dengan fakta dan data yang ada. 

Jika kamu diperintahkan untuk tuliskan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mendengarkan pembacaan berita

Maka kamu harus mencatat pokok-pokok informasi tersebut, menentukan fakta dan opini, mengajukan pertanyaan, dan menyampaikan informasi dan menyimpulkannya.

Untuk lebih memahami tentang materi teks berita. Kamu harus tahu sifat-sifatnya terlebih dahulu. Berikut Jafarull telah merangkum materinya untuk kamu semua. 

Tulis dan Jelaskan 7 Sifat Berita

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, ada beberapa sifat berita yang harus kamu ketahui sebelum menyusun teks ini. 

Berikut ini Jafarull akan jelaskan sifat dari berita secara lengkap. 

1. Faktual

Sifat yang pertama adalah faktual. Artinya, sebuah berita yang disusun harus sesuai dengan fakta dan data yang ada. 

Informasi yang ada di dalam berita harus dapat dibuktikan kebenarannya. Sehingga tidak menimbulkan fitnah atau hoax di masyarakat.

2. Aktual

Sifat-sifat berita yang berikutnya yakni bersifat aktual. Artinya, informasi yang ada dalam sebuah berita merupakan informasi terbaru. 

Istilah jaman sekarang sih isu yang dibahas dalam berita sedang hot atau masih hangat. Hal ini karena berita bersifat cepat basi, sehingga harus cepat mempublikasikan berita yang sedang panas. 

3. Seimbang

Berita juga harus memiliki sifat seimbang. Artinya informasi sebuah berita tidak boleh memihak orang tertentu dan tidak boleh menyudutkan pihak-pihak tertentu. 

Informasi pada berita harus sesuai dengan kenyataan. Jika memang ada tokoh yang korupsi (misal), maka harus diberitakan sesuai kejadiannya. 

4. Berisi Peristiwa penting

Berita juga memiliki sifat berupa informasi yang disajikan merupakan informasi penting. Artinya, setiap informasi yang disampaikan memang dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat.

5. Lengkap

Sebutkan dan jelaskan sifat sifat berita! Nah untuk sifat berita yang selanjutnya yakni lengkap. Sebuah berita harus memiliki unsus 5W + 1H atau unsur ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana).

6. Menarik

Sifat berita yang selanjutnya yakni harus menarik. Sebuah berita tidak akan laku jika informasi yang disampaikan tidak menarik perhatian pembaca. 

Karena itulah, pemilihan topik berita harus sesuai sehingga memancing rasa penasaran pembaca. 

7. Berdampak baik

Berita juga haru memiliki sifat berdampak baik. Artinya, informasi pada sebuah berita harus mengedukasi pembaca. 

Misalnya saja berita tentang banjir, maka di dalam berita tersebut harus terselip edukasi agar menjaga lingkungan serta tidak membuang sampah sembarangan. 

Penutup

Sekarang kamu sudah bisa tulis dan jelaskan 7 sifat berita. Kamu juga jadi paham mengenai sifat-sifat berita. Semoga apa yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url