8 Contoh Deskripsi Diri yang Menarik untuk Melamar Kerja

contoh deskripsi diri yang menarik
contoh deskripsi diri yang menarik

JAFARULL.COM - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan membagikan contoh deskripsi diri yang menarik. Deskripsi diri ini sangat penting untuk ditambahkan di CV agar kamu semakin terlihat menarik. 

Contoh deskripsi diri sendiri untuk Melamar pekerjaan memang sangat wajib. Karena bagian deskripsi diri akan menggambarkan siapa diri kamu. 

Melalui bagian ini pula, HRD bisa mengetahui karakteristik dari pencari kerja. Oleh sebab itulah, bagian deskripsi diri perlu kamu buat sebaik mungkin.

Sebelum kamu menyimak contoh deskripsi diri dari Jafarull, kamu perlu menyimak bagaimana cara membuat deskripsi diri yang baik dan benar.

Cara Mendeskripsikan Diri Sendiri dalam CV

Membuat deskripsi diri tidak boleh asal-asalan. Karena bagian ini biasanya akan dibaca pertama kali oleh HRD. 

Bagi kamu yang hendak membuat deskripsi diri, kamu harus memperhatikan beberapa poin berikut. 

1. Singkat dan Jangan Bertele-tele

Pastikan kamu membuat deskripsi diri secara singkat dan padat. Kalimat yang kamu gunakan langsung to the poin agar tidak bertele-tele. 

Karena saat deskripsi diri terlalu panjang dan bertele-tele, akan membuat kamu terlihat kurang menarik. Bahkan parahnya lagi, kalimat yang panjang bisa tidak muat pada bagian deskripsi diri. 

2. Tentukan Poin / Kelebihan yang Ingin Ditonjolkan 

Selanjutnya kamu harus menonjolkan poin atau kelebihan yang ada pada dirimu. Misalnya kamu orangnya tepat waktu, disiplin, atau bahakan tegas. 

Selain itu, kamu juga bisa menyebutkan kelebihan yang kamu miliki. Misalnya menguasai alat ukur seperti jangka sorong, mikrometer, dan neraca. 

3. Cantumkan Pengalaman Kerja

Pada bagian deskripsi diri, kamu juga bisa mencatumkan pengalaman kerja bagi yang telah berpengalaman. 

Sementara bagi yang belum berpengalaman, kamu bisa menambahkan organisasi atau kegiatan yang masih ada hubungannya dengan pekerjaan yang kamu lamar. 

4. Tentukan Tujuan Karir

Terakhir, kamu bisa tentukan tujuan karir. Pastikan tujuan karir kamu masih ada hubungannya dengan posisi yang kamu lamar. 

Sehingga nantinya HRD akan bisa mengetahui harapan kamu dari posisi yang kamu lamar. 

Contoh Deskripsi Diri yang Menarik

Perlu diketahui, Jafarull menyajikan beberapa deskripsi diri yang bisa kamu gunakan agar dapat membuat CV terlihat bagus. 

Sehingga peluang kamu untuk dipanggil interview juga semakin besar. Lantas seperti apa sih contohnya? Simak pemaparan Jafarull berikut ini.

1. Contoh Deskripsi Diri Anak SMA

Jika kamu masih pelajar atau lulusan SMA/ SMK, kamu bisa menggunakan deskripsi diri agar terlihat lebih profesional. 

Sehingga nantinya kamu akan dianggap jauh lebih profesional dan kompeten. Lantas seperti apa contoh deskripsi diri lulusan SMA? Simak contohnya berikut ini.

Contoh 1:

Lulusan SMA Negeri 1 Pemalang yang menguasai alat ukur seperti Jangka Sorong, Mikrometer, dan neraca digital. Saya memiliki motivasi yang tinggi untuk terus belajar dan menambah pengalaman.

Contoh 2:

Saya lulusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Pemalang tahun 2022. Memiliki keahlian di bidang kelistrikan, pengapian, dan penggunaan alat ukur. Saya menyukai tantangan dan memiliki ketelitian yang baik.

2. Contoh Deskripsi Diri Mahasiswa

Berikutnya jika kamu seorang mahasiswa yang ingin magang, kamu juga bisa menambahkan deskripsi diri secara ringkas. Berikut Jafarull telah menyajikan contohnya di bawah ini.

Contoh 1:

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 5 yang memiliki motivasi tinggi dengan dunia jurnalistik. Saya menyukai tantangan baru. Berpengalaman dalam berbagai organisasi internal maupun eksternal kampus.

Contoh 2:

Saya Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 6 yang memiliki semangat tinggi dalam bekerja. Skill yang saya miliki antara lain menulis artikel SEO, artikel berita, dan copy writing. 

3. Contoh Deskripsi Diri Dalam CV untuk Fresh Graduate

Apabila kamu seorang lulusan baru (fresh graduate), kamu bisa menambahkan deskripsi diri seperti contoh yang Jafarull bagikan berikut.

Contoh 1:

Lulusan S1 Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Memiliki pengalaman menulis di beberapa platform yang ada di Indonesia selama setahun. Jafarull adalah orang yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Mencari kerja untuk dapat berkembang dan bertumbuh bersama (nama perusahaan yang kamu lamar).

Contoh 2:

Jafarull adalah lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selama kuliah, Saya aktif dalam organisasi (sebutkan nama organisasi) sebagai (sebutkan jabatan). Memiliki passion dalam dunia jurnalistik dan bahasa.

4. Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja

Jika kamu memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menambahkan deskripsi diri seperti yang Jafarull contohkan berikut.

Contoh 1: 

Social Media specialist dengan pencapaian berhasil mendukung pertumbuhan akun sosial media perusahaan secara konsisten. Sehingga dapat meningkatkan engagement serta penjualan.

Contoh 2:

Customer service specialist dengan pengalaman kerja lebih dari 2 tahun. Seorang problem solver kreatif dengan kemampuan interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 20%. Mencari posisi sebagai sebagai customer service team supervisor untuk melanjutkan pertumbuhan karier ke manajemen.”

Sekedar informasi, kamu bisa mengembangkan contoh yang telah Jafarull bagikan agar jadi lebih bagus. 

Sebaiknya sesuaikan dengan bidang dan keahlian yang kamu miliki. Jangan pernah bohong, agar kamu tidak mendapatkan masalah saat interview.

Penutup

Demikianlah contoh deskripsi diri yang menarik dari Jafarull. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti cara yang telah Jafarull sampaikan. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url