Allah SWT Menegaskan Bahwa Kebencian Terhadap Suatu Golongan Atau Individu Janganlah Menjadi Pendorong untuk Bertindak Tidak Adil ini Menjadi Bukti Bahwa Islam

Allah SWT Menegaskan Bahwa Kebencian Terhadap Suatu Golongan Atau Individu Janganlah Menjadi Pendorong untuk Bertindak Tidak Adil ini Menjadi Bukti Bahwa Islam
Ilustrasi keadilan

JAFARULL.COM - Allah SWT menegaskan bahwa kebencian terhadap suatu golongan atau individu janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tidak adil ini menjadi bukti bahwa islam apa? 

Sebelum itu, Jafarull akan jelaskan pengertian adil. Perilaku adil adalah perilaku seimbang, tidak memihak, dan tidak berat sebelah. 

Perilaku jujur dan adil ini harus dilatih dan dibiasakan sejak dini. Karena dengan perilaku adil sejak dini maka orang tersebut akan tumbuh menjadi pribadi yang berwibawa. 

Selain itu, keadilan sejak dini akan mendidik anak menjadi calon pemimpin yang akan memimpin bangsa ini di masa depan.

Soal:

Allah SWT menegaskan bahwa kebencian terhadap suatu golongan atau individu janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tidak adil ini menjadi bukti bahwa Islam?

a. menjunjung tinggi keadilan

b. keras dalam segala hal

c. memihak kepada kaum mayoritas

d. membela orang kafir

e. agama yang penuh toleran

Jawaban:

a. menjunjung tinggi keadilan

Pembahasan:

Pada soal di atas, jawaban yang paling tepat adalah menjunjung tinggi keadilan

Karena soal di atas menyatakan bahwa Allah menjelaskan bahwa benci dengan orang lain tidak boleh menjadi pemicu untuk tidak berbuat adil.

Jadi dalam soal tersebut sangat ditegaskan bahwa Allah memerintahkan manusia untuk berbuat adil meskipun kepada orang yang kita benci. 

Jawaban b, c, dan d tentu sudah jelas sangat salah. 

Sedangkan jawaban e merupakan jawaban yang salah. Karena toleran adalah menghargai dan menghormati perbedaan. 

Sementara soal di atas sudah sangat jelas yang disinggung adalah permasalah keadilan (sikap menempatkan sesuatu pada tempatnya). 

Menurut Q.S. Al Maidah / 5 ayat 8, Allah SWT memerintahkan untuk berperilaku adil, karena perilaku adil sangat dekat dengan ketakwaan. 

Allah memerintahkan manusia untuk berperilaku adil kepada sesama. Orang yang adil adalah orang yang memihak kepada kebenaran. 

Biasanya orang yang adil akan menimbang fakta dan data yang ada untuk mengambil keputusan.

Penutup

Sekarang sudah tahu kan, Allah SWT menegaskan bahwa kebencian terhadap suatu golongan atau individu janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tidak adil ini menjadi bukti bahwa islam apa. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url