Apa yang Dimaksud Dengan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi?

Apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi
Apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi

Jafarull.com - Tahukah kamu, Apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi? Simak jawaban yang tepat dan benar dari Jafarull berikut ini. 

Manusia dikenal sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Manusia memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya hal ini menunjukkan manusia sebagai makhluk sosial.

Sementara sesuatu yang berhubung dengan ekonomi, maka manusia dinamakan sebagai makhluk ekonomi

Untuk lebih jelasnya terkait maksud dari manusia makhluk ekonomi, kamu bisa menyimak penjelasan Jafarull berikut ini. 

Apa yang Dimaksud Dengan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Setelah Jafarull telusuri lebih dalam, manusia sebagai makhluk ekonomi maksudnya adalah bahwa manusia selalu memikirkan cara untuk memenuhi kebutuhannya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi

Mengapa manusia disebut makhluk ekonomi? Manusia disebut sebagai makhluk ekonomi karena manusia akan berpikir, berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitarnya. 

Misalnya saja, manusia memanfaatkan pisang untuk dijual. Hasil penjualan dari pisang akan digunakan untuk membeli baju. 

Agar kamu lebih paham, Jafarull akan sebutkan ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi, antara lain:

1. Manusia cenderung melakukan tindakan ekonomi atas dasar kepentingan sendiri.

2. Manusia cenderung melakukan tindakan ekonomi secara efisien (lebih mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang akan didapatnya).

3. Manusia cenderung memilih suatu kegiatan dan aktifitas yang paling dekat dengan pencapaian tujuan yang diinginkan. (Misal, tujuannya adalah beli baju, maka ia akan melakukan aktivitas mencari uang agar bisa cepat mendapatkan baju).

Contoh Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Mungkin kamu pernah diminta untuk Berikan contoh tindakan yang kamu lakukan sebagai makhluk ekonomi. Padahal dalam aktivitas sehari-hari, kita sering melakukan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi. 

Contoh makhluk ekonomi yakni ketika manusia membeli barang kebutuhan hidup di pasar. Kemudian aktivitas jual beli, pinjam meminjam, dan lain-lain juga termasuk aktivitas makhluk ekonomi

Dalam kehidupan, manusia tidak akan bisa lepas dari yang namanya aktivitas sosial. Karena itu, manusia juga dikenal dengan makhluk sosial. 

Saat menjalankan kegiatan ekonomi, secara tidak langsung manusia juga menjalankan aktivitas sosial. 

Agar semakin jelas, Jafarull akan berikan contoh tindakan manusia sebagai makhluk ekonomi sekaligus sebagai makhluk sosial yg bermoral sebagai berikut. 

Misalnya, kamu hendak membeli tas. Untuk bisa mendapatkan sebuah tas, tentunya kamu harus bekerja dan mendapatkan uang.  (aktivitas ekonomi). 

Karena kamu tidak bisa membuat sebuah tas. Maka kamu perlu mencari orang yang bisa memproduksi tas (atau menjual tas). Dari uang tersebut yang kamu dapatkan tadi, kamu bisa membeli sebuah tas dari orang lain (aktivitas sosial).

Penutup

Sekarang sudah jelas apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi? Kamu juga bisa tahu contohnya secara langsung seperti apa. Semoga apa yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url