Arti dari Shadaqallahul Adzim Beserta Lafadz dan Hukumnya

Arti dari Shadaqallahul Adzim
Arti dari Shadaqallahul Adzim

JAFARULL.COM - Arti dari shadaqallahul adzim sangat perlu untuk kita ketahui bersama. Agar nantinya bisa tahu bagaimana hukum dan praktek membacanya. 

Tulisan Shadaqallahul adzim dan artinya biasanya sering kita baca ketika selesai membaca Al-Quran. Kalimat shadaqallahul adzim memiliki makna pujian kepada Allah.

Dengan mengucapkan kalimat tersebut, maka kita mengakui keesaan dan kebesaran Allah

Walaupun ada juga perdebatan diantar ulama mengenai hukum membaca shadaqallahul adzim. Ada yang menganggap bidah daan ada yang membolehkan. 

Lafadz Shadaqallahul Adzim 

Seperti yang telah Jafarull sampaikan sebelumnya, kalimat shadaqallahul adzim berisi tentang pujian kepada Allah dan biasanya dibaca ketika setelah selesai membaca Al-Quran

Tulisan arab dari kalimat shadaqallahul adzim yakni صَدَقَ الله العظيم

Kalimat tersebut tidak ada dalam Al-Quran. Namun kata "shadaqallahul" dan kata "adzim" bisa dengan mudah kita jumpai dalam Al-Quran. 

Misalnya saja dalam Surah Ali Imron [3]:95, terdapat kata "shadaqallahul". Untuk ayatnya, simak berikut ini.

قُلْ صَدَقَ اللّٰهُ ۗ فَاتَّبِعُوْا مِلَّةَ اِبْرٰهِيْمَ حَنِيْفًاۗ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ - ٩٥

Latin : Qul ṣadaqallāh, fattabi'ụ millata ibrāhīma ḥanīfā, wa mā kāna minal-musyrikīn

Artinya : Katakanlah (Muhammad), "Benarlah (segala yang difirmankan) Allah." Maka ikutilah agama Ibrahim yang lurus, dan dia tidaklah termasuk orang musyrik.

Arti dari Shadaqallahul Adzim

Berdasarkan penelusuran yang Jafarull lakukan, kalimat tersebut merupakan sebuah kalimat pujian dalam pembenaran isi Alquran.

Arti shadaqallahul adzim yaitu Maha benarlah Allah yang Maha Agung. Kalimat tersebut sering diucapkan ketika kita selesai membaca Alquran. 

Jadi, Maha benar Allah dengan segala firmannya bahasa arabnya adalah صَدَقَ اللهُ اْلعَظِيْمُ

Jika arti dalam bahasa Indonesia adalah Maha benarlah Allah yang Maha Agung, maka untukarti dalam Bahasa Inggris seperti apa?

Arti Shadaqallahul adzim dalam Bahasa Inggris yaitu It is true that Allah is the Greatest (arti versi Google Translat).

Hukum Membaca Shadaqallahul Adzim

Seperti yang telah Jafarull sampaikan sebelumnya, tidak ada dalil Al-Qur'an dan Hadist yang secara spesifik memerintahkan atau melarang membaca lafadz shadaqallahul adzim.  

Lantas hukum membaca صَدَقَ الله العظيم apa? Dalam sebuah Fatwa Al-Azhar menyatakan, tidak ada larangan membaca kalimat tashdiq seusai membaca Al-Qur’an. Bunyi dari fatwa tersebut memiliki arti sebagai berikut. 

Artinya, “Ucapan pembaca atau pendengar Al-Qur’an ‘Shadaqallahul azhim’ seusai membaca atau mendengar ayat Al-Qur’an bukan termasuk bid’ah tercela. Tidak ada larangan khusus dari Al-Qur’an dan hadits perihal ini. Kedua, ‘shadaqallahul azhim’ salah satu zikir. Zikir dianjurkan pada banyak dalil. Ulama membicarakan ini sebagai bentuk ajakan yang seolah menjadi adab terhadap Al-Qur’an,” (Athiyyah Shaqar, Fatawa Azhar [Mei, 1997]).

Selain itu, Syeikh Muhammad Makki dalam kitabnya Nihayatul Qaulil Mufid li Ilmit Tajwid menjelaskan mengenai arti dari Shadaqallahul Adzim lengkap. 

"Disunahkan bagi seseorang saat rampung membaca Alquran untuk membenarkan pada Tuhannya dan bersaksi bahwa Rasulullah SAW telah menyampaikan Alquran, serta bersaksi bahwa Alquran adalah benar. Ini dilakukan dengan mengucapkan, "Shadaqallahul 'adzim wa balagha rasuluhul karim wa nahnu 'ala dzalika minasy syahidin."

Berdasarkan pendapat tersebut, kita bisa tahu bahwa membaca kalimat shadaqallahul adzim setelah membaca Al-Qur'an hukumnya boleh dan sangat baik.

Hal ini karena arti dari shadaqallahul adzim merupakan sebuah pujian dan keyakinan kepada Allah. Bahwa hanya Allah lah yang maha benar dan Maha Agung dari Alquran.

Penutup

Sekarang kamu jadi lebih tahu mengenai arti dari shadaqallahul adzim dan hukumnya. Jadi mulai sekarang jangan ragu mengucapkan kalimat tersebut. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url