Arti Shadaqallahul Adzim dan Hukum Membacanya

Arti Shadaqallahul Adzim
Arti Shadaqallahul Adzim

JAFARULL.COM - Tahukah kamu apa Arti Shadaqallahul Adzim yang biasanya diucapkan oleh umat Islam? Mari simak pembahasan Jafarull berikut ini agar kamu bisa tahu arti selengkapnya. 

Tulisan Shadaqallahul adzim dan artinya memang perlu kita ketahui. Agar nantinya bisa mengamalkan dengan benar. 

Shadaqallahul adzim Arab kurang lebih seperti ini: صَدَقَ الله العظيم

Biasanya kita mengucapkan kalimat tersebut ketika selesai membaca Al-Qur'an. Shadaqallahul Adzim disebut bacaan iftitam. Sebenarnya apa sih arti dari kalimat tersebut? 

Arti Shadaqallahul Adzim

Setelah Jafarull telusuri lebih dalam, kalimat tersebut merupakan sebuah kalimat pujian dalam pembenaran isi Alquran.

Arti shadaqallahul adzim adalah Maha benarlah Allah yang Maha Agung. Kalimat tersebut dapat diucapkan setelah selesai membaca Alquran. 

Syeikh Muhammad Makki dalam kitabnya Nihayatul Qaulil Mufid li Ilmit Tajwid menjelaskan mengenai arti dari Shadaqallahul Adzim lengkap. 

"Disunahkan bagi seseorang saat rampung membaca Alquran untuk membenarkan pada Tuhannya dan bersaksi bahwa Rasulullah SAW telah menyampaikan Alquran, serta bersaksi bahwa Alquran adalah benar. Ini dilakukan dengan mengucapkan, "Shadaqallahul 'adzim wa balagha rasuluhul karim wa nahnu 'ala dzalika minasy syahidin."

Pendapat tersebut dijadikan sebagai dasar untuk membaca kalimat shadaqallahul adzim setelah membaca Al-Qur'an. 

Arti dari shadaqallahul adzim dapat menjadi sebuah pujian dan keyakinan kepada Allah. Bahwa hanya Allah lah yang maha kebenaran dan Maha Agung dari Alquran.

Hukum Membaca Shadaqallahul Adzim

Sebenarnya dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan terkait hukum membaca lafadz shadaqallahul adzim. 

Kalau kita melihat Al-Qur'an dan Hadist, tidak ada dalil yang secara spesifik memerintahkan dan melarang membaca lafadz shadaqallahul adzim.  

Lantas hukum membaca صَدَقَ الله العظيم apa? Dalam sebuah Fatwa Al-Azhar menyatakan, kalimat tashdiq seusai membaca Al-Qur’an di dalam shalat tidak dipermasalahkan. 

Hal ini sebagaimana pandangan mazhab hanafi dan syafi’i. Bunyi fatwa tersebut memiliki arti sebagai berikut. 

Artinya, “Ucapan pembaca atau pendengar Al-Qur’an ‘Shadaqallahul azhim’ seusai membaca atau mendengar ayat Al-Qur’an bukan termasuk bid’ah tercela. Tidak ada larangan khusus dari Al-Qur’an dan hadits perihal ini. Kedua, ‘shadaqallahul azhim’ salah satu zikir. Zikir dianjurkan pada banyak dalil. Ulama membicarakan ini sebagai bentuk ajakan yang seolah menjadi adab terhadap Al-Qur’an,” (Athiyyah Shaqar, Fatawa Azhar [Mei, 1997]).

Dari penjelasan di atas, kita bisa tahu bhawa kalimat Shadaqallahul Adzim adalah kalimat yang bagus. 

Oleh karena itu, kita bisa membaca kalimat tersebut setelah membaca Al-Qur'an. Memuji Allah sama saja dengan mengagungkan allah. 

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu Arti Shadaqallahul Adzim dan hukumnya seperti apa. Semoga apa yang Jafarull bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url