Berikan Contoh Kalimat Iklan yang Bersifat Imperatif!

berikan contoh kalimat iklan yang bersifat imperatif
berikan contoh kalimat iklan yang bersifat imperatif

JAFARULL.COM - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan memberikan contoh kalimat iklan yang bersifat imperatif beserta penjelasannya. 

Dalam teks iklan, terdapat tiga jenis iklan yakni iklan persuasif, iklan imperatif, dan iklan informatif. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, imperatif berarti perintah, menyuruh, mengajak, dan memerintahkan. 

Iklan imperatif adalah jenis iklan yang memiliki tujuan untuk menyuruh atau mengajak orang lain untuk memakai produk atau jasa. 

Umumnya iklan jenis ini banyak terdapat pada contoh iklan layanan masyarakat atau produk-produk sehari-hari.

Berikan Contoh Kalimat Iklan yang Bersifat Imperatif

Seperti yang telah Jafarull singgung sebelumnya bahwa iklan imperatif bersifat mengajak atau memerintahkan. Berikut Jafarull akan sajikan contoh Iklan mengajak antara lain.

1. Kuman baru menyebar, apa cukup hanya makan makanan bergizi untuk daya tahan tubuhnya? Pakai juga Lifebuoy! Aktif silver formulanya mampu melindungi tubuh dari kuman berbahaya.

Pada contoh iklan sabun Lifebuoy di atas, kalimat "Pakai juga Lifebuoy!" merupakan kalimat imperatif atau perintah untuk memakai sabun Lifebuoy. 

2. Paginya segar, beraktivitas, ketombe datang kembali. Hentikan siklusnya dengan Head & Shoulders! Dengan Head & Shoulders, ketombe basah, bau apek hilang seketika.

Kalimat Hentikan siklusnya dengan Head & Shoulders! Merupakan kalimat perintah atau imperatif untuk mengajak masyarakat memakai shampo Head & Shoulders agar masalah ketombe hilang.

3. Jaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Pada kalimat iklan di atas juga termasuk imperatif untuk tidak membuang sampah secara sembarangan.

4. Gunakanlah helem yang berstandar SNI. Sayangi nyawa Anda dengan menggunakan helm berstandar SNI saat berkendara.

Kalimat di atas juga merupakan iklan berupa perintah untuk memakai helm SNI. Tujuannya agar masyarakat patuh tata tertib lalulintas dan terjaga keselamatannya.

Penutup

Nah itulah, Jafarull telah berikan contoh kalimat iklan yang bersifat imperatif beserta penjelasannya. Semoga apa yang Jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url