Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Tidak Ada Nama Pengarang

cara menulis daftar pustaka dari internet tidak ada nama pengarang
cara menulis daftar pustaka dari internet tidak ada nama pengarang

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan membagikan cara menulis daftar pustaka dari internet tidak ada nama pengarang. Contoh ini bisa kamu gunakan agar bisa membuat daftar pustaka yang baik dan benar. 

Seperti yang kita tahu, daftar pustaka menjadi bagian penting dalam sebuah penulisan. Karena daftar pustaka menjadi kunci apakah tulisan yang dibuat bisa dipertanggungjawabkan atau tidak.

Cara membuat daftar pustaka dari internet sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa menggunakan beberapa teknik. Namun Jafarull akan membagikan satu teknik yang paling umun digunakan. 

Kamu bisa menyimak contoh daftar pustaka dari internet yang telah Jafarull persiapkan di bawah ini. Karena itu, simak artikel ini hingga selesai.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Tidak Ada Nama Pengarang

Perlu diketahui, Jafarull memakai teknik penulisan daftar pustaka APA (American Psychological Association). 

Teknik penulisan APA ini mengharuskan kamu untuk menulis nama pengarang, tahun, judul, kota terbit, dan penerbit. 

Penulisan daftar pustaka ini bisa kita sesuaikan untuk menulis pustaka dari internet. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak beberapa contoh dari Jafarull berikut. 

1. Sumber dari Website 

Cara menulis daftar pustaka dari artikel website bisa memakai tekni APA. Pada teknik ini Jafarull mencontohkan sumber dari artikel website maupun berita.

Untuk cara menulis daftar pustaka dari blog tanpa penulis sebagai berikut. 

Jafarull.com. (12/7/2022). Cara Menulis Daftar Pustaka. Diakses pada 8 Agustus 2022 melalui https://www.jafarull.com/07/2022/cara-membuat-daftar-pustaka.html

Penjelasan:

Pada contoh di atas, Jafarull.com merupakan nama website sekaligus pengganti nama pengarang. 

Tanggal dan tahun yang ada di dalam kurung merupakan tahun tanggal dari artikel tersebut dibuat dan diterbitkan di website Jafarull.com

Kemudian yang dicetak miring merupakan judul artikel dari Jafarull.com. 

Bagian diakses pada merupakan tanggal kamu mengakses dan mendapatkan referensi dari website Jafarull.com

Terkahir, melalui link bisa kamu tambahkan link asli dari artikel yang kamu sadur.  

2. Sumber dari Jurnal

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal online juga sangat mudah sekali. Kamu bisa mengikuti penulisan yang Jafarull bagikan berikut. 

Afan, Jafarull. (2020). Tips Menulis Daftar Pustaka. No. 56 Vol. 77. Kemendikbud. Diakses pada 8 Agustus 2022, Dapat diakses melalui https://www.jafarull.com/07/2020/tips-menulis-daftar-pustaka.html

Penjelasan

Afan, Jafarull merupakan nama pengarang (Jafarull Afan). Dalam penulisan daftar pustaka, nama pengarang harus dibalik. 

Kemudian 2020, merupakan tahun terbit dari jurnal tersebut. Bagian yang dicetak miring merupakan judul dari jurnal tersebut. 

Jangan lupa cantumkan nomor jurnal (No.) dan volume jurnal (Vol.). Kemendikbud merupakan penerbit dari jurnal tersebut. 

Terakhir, kamu bisa tambahkan tanggal mengakses jurnal tersebut dan sertakan link tempat kamu mendapatkan jurnal tersebut. 

Lantas bagaimana cara menulis daftar pustaka dari Buku Tanpa penulis? Jika tanpa penulis, maka kamu bisa ganti dengan Tim. Sehingga penulisannya menjadi:  

Tim. (2020). Tips Menulis Daftar Pustaka. No. 56 Vol. 77. Kemendikbud. Diakses pada 8 Agustus 2022, Dapat diakses melalui https://www.jafarull.com/07/2020/tips-menulis-daftar-pustaka.html

3. Sumber dari Makalah

Selanjutnya menulis daftar pustaka dari makalah. Cara ini bisa kamu terapkan jika kamu mendapatkan makalah dari internet

Lantas bagaimana cara menulis daftar pustaka yang bersumber dari internet? Simak cara penulisan yang Jafarull bagikan berikut. 

Afan, Jafarull. (2020). Tips Menulis Daftar Pustaka. Diakses pada 8 Agustus 2022, dapat diakses melalui https://www.jafarull.com/07/2020/tips-menulis-daftar-pustaka.html

Penjelasan:

Afan, Jafarull merupakan nama pengarang (Jafarull Afan). Dalam penulisan daftar pustaka, nama pengarang harus dibalik. 

Tahun 2020 yang ada di dalam kurung merupakan tahun dibuatnya makalah tersebut. Kemudian judul dicetak miring. 

Karena ini makalah dan tidak tahu penerbitnya, maka kamu bisa kosongkan saja. Tetapi jika ada instansi atau lembaga yang tercantum, maka kamu bisa cantumkan nama instansi atau lembaga tersebut. 

Terakhir seperti biasa, kamu bisa masukkan tanggal mengakses makalah tersebut dan link asli dari makalah yang kamu dapatkan. 

4. Sumber Internet Tanpa Nama Penulis dan Tahun

Biasanya kamu mendapatkan karya tulis dari internet tanpa ada nama pengarang dan tahun terbitnya. Sebenarnya karya tersebut kurang direkomendasikan untuk disadur atau dijadikan sebagai bahan referensi. 

Karena nantinya akan sangat kredibel untuk dipertanggungjawabkan. Kamu bisa mengikuti cara menulis daftar pustaka dari internet tidak ada nama pengarang dan tahun yang Jafarull lakukan berikut ini. 

Jafarull.com. Tips Menulis Daftar Pustaka. Diakses pada 8 Agustus 2022, dapat diakses melalui https://www.jafarull.com/07/2020/tips-menulis-daftar-pustaka.html

Penjelasan:

Jafarull.com merupakan alamat website tempat kamu menemukan karya tulis. Bagian yang dicetak miring merupakan judul karya tulis. 

Terakhir, karena tidak ada tahun terbit, penerbit, dan kota terbit, maka kamu bisa langsung menulisnya dengan menambahkan Diakses pada 8 Agustus 2022, dapat diakses melalui. 

Penutup

Demikian beberapa cara menulis daftar pustaka dari internet tidak ada nama pengarang yang telah Jafarull bagikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url