Induk Olahraga Pencak Silat di Indonesia adalah? Begini Jawaban yang Tepat!

Induk olahraga pencak silat di Indonesia adalah
Induk olahraga pencak silat di Indonesia adalah

JAFARULL.COM - Tahukah kamu, Induk olahraga pencak silat di Indonesia adalah apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut agar kamu bisa tahu jawaban yang tepat dan benar.

Seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia yaitu pencak silat. Ilmu bela diri Pencak silat adalah olahraga beladiri yang memerlukan banyak konsentrasi. 

Karena seorang pesilat harus lihai bergerak untuk menjatuhkan lawan. Jadi dalam pertandingan, harus selalu berkonsentrasi penuh serta mempertimbangkan pengeluaran tenaga.

Dalam sebuah olahraga tentunya ada organisasi yang menaunginya. Lantas Induk organisasi pencak silat adalah apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut. 

Induk Olahraga Pencak Silat di Indonesia adalah?

Setelah Jafarull telusuri lebih dalam, induk organisasi Pencak silat yang ada di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Mengutip dari berbagai sumber, IPSI didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah.

Organisasi ini didirikan dengan maksud untuk mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan kegiatan pencak silat. Baik itu meliputi pelestarian, pengembangan, dan peningkatan kualitas seni dan budaya hingga prestasi pencak silat. 

Adapun tujuan berdirinya IPSI yaitu untuk mempersatukan, membina persaudaraan dan kesetiakawanan antar perguruan pencak silat. 

Sehingga nantinya dapat meningkatkan peran serta pencak silat untuk membangun Indonesia seutuhnya. Bahkan dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa.

Berdasarkan penelusuran Jafarull, IPSI bersifat kekeluargaan, persaudaraan, kebersamaan, dan kesetiakawanan. 

Organisasi ini tidak berafiliasi, berorientasi, dan berfungsi sebagai alat politik (tidak ada campur tangan dengan urusan politik).

Sekedar informasi, pertandingan pencak silat ditentukan dengan jumlah nilai dalam tiga babak. 

Jadi setiap babak pertandingan pencak silat berlangsung selama 2 (dua) menit bersih. 

Sementara untuk waktu istirahat di setiap ronde dalam pertandingan pencak silat yaitu 1 (satu) menit.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu Induk olahraga pencak silat di Indonesia adalah apa. Kamu juga tahu sejarah dari organisasi IPSI ini. Semoga apa yang Jafarull bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url