Jelaskan Manfaat Berdoa Bagi Orang Beriman! Begini Jawabannya!

Jelaskan manfaat berdoa bagi orang beriman
Jelaskan manfaat berdoa bagi orang beriman

Jafarull.com - Mungkin kamu pernah diperintahkan untuk Jelaskan manfaat berdoa bagi orang beriman. Berikut Jafarull akan memberikan jawaban yang tepat dan benar. 

Kita semua tahu, bahwa berdoa merupakan salah satu bentuk beribadah kepada Allah yang sangat dianjurkan. Bahkan Allah dan Rasul juga memerintahkan manusianuntuk berdoa.

Lantas mengapa tidak semua doa yang dipanjatkan selalu dikabulkan allah subhanahu wa ta'ala jelaskan! Allah tidak mengabulkan semua doa karena belum tentu apa yang dipanjatkan oleh manusia itu baik. 

Bisa saja apa yang diminta justru berdampak buruk bagi hambanya. Sehingga Allah tidak mengabulkan semua doa. Meski begitu, kamu wajib tahu beberapa manfaat dari berdoa.

Jelaskan Manfaat Berdoa Bagi Orang Beriman

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, ada beberapa manfaat dari berdoa bagi orang beriman. Berikut Jafarull telah rangkum penjelasan manfaat doa untuk kamu semua. 

1. Lebih dekat Dengan Allah

Manfaat berdoa yang pertama yakni untuk mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini karena dengan berdoa, kita akan merasa bahwa semua ini tidak bisa dicapai tanpa bantuan Allah. 

Orang beriman akan selalu berharap kepada Allah dan terus berusaha mendekatkan diri kepada Allah. 

2. Dapat Mengubah Takdir

Berikutnya, doa bisa mengubah takdir apabila dilaksanakan bersamaan dengan berikhtiar dan bertawakal. Hal ini sesuai dengan Hadist Nabi sebagai beerikut. 

dari Tsauban RA, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada yang dapat mencegah takdir, kecuali doa. Tidak ada yang dapat menambah umur, kecuali kebaikan. Dan seseorang benar-benar akan dihalangi dari rezeki, disebabkan oleh dosa yang diperbuatnya.” (HR. Al-Hakim).

3. Memperoleh Rahmat dari Allah

Orang yang berdoa kepada Allah, akan memperoleh rahmat yang besar. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-A'raf ayat 55 - 56 yang berbunyi sebagai berikut. 

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Artinya: "Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas," (Q.S Al-A'raf: 55).


وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

artinya: "Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik," (Q.S Al-A'raf: 56).

4. Mendapat Pahala yang Besar

Seperti yang telah Jafarull singgung sebelumnya, bahwa berdoa merupkan salah satu bentuk ibadah kepada Allah. Orangg yang berdoa tentunya akan mendapatkan pahala. Hal ini sesuai dengan hadist berikut: 

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

Artinya : “Do’a adalah ibadah.” (HR. Abu Daud , at-tirmidzi, ibnu majah dan Ahmad)

5. Menghindarkan Murka Allah

Orang yang enggan berdoa merupakan orang yang sombong. Bahkan Allah juga mengancam orang-orang yang tidak mau berdoa

Nabi juga menjelaskan bahwa Allah akan murka kepada orang yang tidak mau berdoa kepadaNya. Hal ini seperti hadist berikut.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah (berdo'a), maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi).

Penutup

Setelah kamu menyimak penjelasan Jafarull, kamu bisa Jelaskan manfaat berdoa bagi orang beriman secar lengkap. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url