Mengapa Manusia Harus Bertawakal? Begini Penjelasannya!

mengapa manusia harus bertawakal
mengapa manusia harus bertawakal

Jafarull.com - Tahukah kamu, mengapa manusia harus bertawakal? Mari simak pembahasan Jafarull berikut ini agar kamu bisa tahu jawaban yang tepat dan benar.

Tawakal adalah berserah diri kepada Allah atas semua usaha yang ia lakukan. Jadi kita harus bertawakal dibarengi dengan ikhtiar agar apa yang diusahakan bisa sesuai dengan harapan.

Karena jika kita hanya pasrah tanpa melakukan usaha apapun, maka itu sama saja dengan sombong serta tidak yakin dengan adanya ketetapan Allah. 

Misalnya saja dalam bermusyawarah, melakukan musyawarah merupakan bentuk ikhtiar dari mencari solusi terbaik. Setelah musyawarah kita wajib berikhtiar. 

Mengapa umat Islam harus bertawakal kepada Allah Subhanahu WA Ta'ala setelah bermusyawarah? Karena kita tidak tahu keputusan yang baik menurut Allah seperti apa. 

Sehingga kita hanya bisa pasrah dengan ketetapan Allah yang akan diberikan kepada kita. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak ulasan Jafarull berikut.

Alasan Mengapa Manusia Harus Bertawakal

Mungkin kamu pernah diperintahkan untuk sebutkan 4 alasan mengapa manusia harus bertawakal

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa seorang manusia wajib bertawakal. Simak ulasan Jafarull di bawah ini.

1. Perwujudan Imam kepada Allah

Mengapa kita harus berusaha sebelum bertawakal? Karena bertawakal merupakan perwujudan iman seorang hamba kepada Allah SWT. 

Dengan bertawakal, maka seorang hamba akan mempercayakan semua hasil yang ia dapat kepada Allah. Ia akan ikhlas dengan lapang dada menerima apa yang menjadi ketentuan Allah. 

2. Hati Lebih Tenang

Mengapa manusia harus bertawakal jelaskan! Alasan berikutnya yakni agar hati kita menjadi lebih tenang. Karena kuta sudah tahu bahwa semua hasil yang didapat merupakan ketentuan Allah. 

Sehingga ia tidak akan berekspektasi lebih tentang hasil yang didapatkan. Ia akan yakin pemberian Allah merupakan yang terbaik sehingga hati bisa lebih tenang. 

3. Agar Tidak Sombong

Seperti yang telah Jafarull sampaikan, ikhtiar tanpa tawakal berarti sombong. Karena hal tersebut sama saja tidak mempercayai ketentuan Allah. 

Oleh karena itulah, manusia diwajibkan untuk bertawakal agar tidak menjadi sombong. Sehingga ia akan tetap berada di jalan Allah SWT. 

4. Agar Selalu Bersikap Positif

Alasan lain kenapa manusia wajib berikhtiar yakni agar bisa selalu bersikap positif. Karena ia tahu dengan bersikap yang baik maka kebaikan akan mengiringinya. 

Penutup

Jadi sekarang kamu sudah tahu alasan mengapa manusia harus bertawakal beserta penjelasannya. Semoga apa yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url