Orang yang Berpidato Disebut Apa? Begini Jawaban yang Benar!

orang yang berpidato disebut apa
orang yang berpidato disebut apa

JAFARULL.COM - Tahukah kamu, orang yang berpidato disebut apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut ini agar kamu bisa tahu jawaban yang tepat dan benar seperti apa.

Belakangan banyak sekali soal yang menanyakan orang yang pandai berpidato disebut apa. Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui pengertian pidato.

Pidato merupakan bentuk komunikasi publik untuk menyampaikan pesan atau gagasan penting yang perlu diketahui masyarakat secara umum.

Dalam pidato, tentunya ada orang yang menyampaikan pidato, orang yang mendengarkan pidato, dan tempat berpidato. 

Orang yang Berpidato Disebut?

Setelah Jafarull telusuri lebih dalam, ternyata orang yang ahli atau orang yang berpidato dinamakan dengan orator

Seorang orator tentunya harus mempersiapkan materi sebaik mungkin. Agar nantinya apa yang disampaikannya bisa diterima dan didengarkan oleh orang lain.

Orang yang mendengarkan orator berpidato disebut audiens. Biasanya audiens akan menyimak pidato dari awal hingga akhir tanpa harus menyampaikan pertanyaan. 

Hal ini karena pidato merupakan bentuk komunikasi satu arah. Jadi yang menyampaikan informasi hanya orator saja. Sedangkan audiens hanya mendengarkan dan mencatat materi yang penting.

Sedangkan untuk tempat untuk berpidato disebut mimbar. Tempat ini bisa di dalam ruangan (gedung) maupun di luar ruangan (biasanya di panggung atau lapangan).

Pidato yang berisi ajakan disebut pidato persuasif. Secara umum, dalam pidato persuasif akan berisi gagasan untuk mengajak masyarakat melakukan sesuatu. 

Misalnya materi pidato tentang banjir. Maka seorang orator akan mengajak audiens untuk menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah ditempatnya agar terhindar dari bencana banjir.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu orang yang berpidato disebut apa? Kamu juga tahu orang yang mendengar dan tempat berpidato dinamakan dengan apa. Semoga apa yang Jafarull bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url