Sebutkan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan! Begini Penjelasan Lengkapnya!

sebutkan kaidah kebahasaan teks iklan
sebutkan kaidah kebahasaan teks iklan dan penjelasannya

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan sebutkan kaidah kebahasaan teks iklan beserta penjelasannya. Karena itulah, mari simak artikel Jafarull hingga tuntas.

Sebelum memasuki kaidah kebahasaan teks iklan, Jafarull akan jelaskan yang dimaksud dengan teks iklan. 

Jadi teks iklan adalah sebuah teks yang digunakan untuk memberitahukan suatu informasi kepada khalayak umum melalui media televisi, internet, koran, dan radio. 

Ada beberapa kaidah kebahasaan dari teks iklan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak pemaparan dari Jafarull berikut.

Sebutkan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, ada beberapa kaidah kebahasaan dari teks iklan. Berikut Jafarull telah merangkumnya untuk kamu semua. 

1. Persuasif

Ciri kebahasaan teks iklan yang pertama adalah bersifat persuasif. Artinya teks iklan harus dibuat dengan kata-kata yang mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk memakai produk dan jasa yang ditawarkan.

Teks iklan dengan kata dan kalimat persuasif juga bertujuan agar para konsumen yakin dan percaya terhadap produk atau jasa yang diiklankan.

2. Imperatif

Ciri-ciri teks iklan dari segi bahasanya yakni bersifat imperatif. Jadi kata-kata dan kalimat yang digunakan pada teks iklan berisi perintah untuk menggunakan produk atau jasa. 

Umumnya pada teks iklan akan memakai kata-kata seperti ikutilah, hadirilah, wujudkan, nyatakan, nikmati, sebaiknya, marilah, ayo dan janganlah.

3. Berima

Kaidah kebahasaan teks iklan yang selanjutnya yakni mengandung rima atau pengulangan nada. Tujuannya agar iklan tersebut terdengar lebih menarik bagi konsumen. 

Contohnya: "kerja keras bagai kuda. Sampai lupa waktu untuk berdua. Maafkan aku wahai dinda,"

Pada contoh di atas, menggunakan irama "a" di akhir kalimat. Dengan memakai irama maka kalimat tersebut akan terdengar lebih menarik dan bagus. 

4. Berkesan positif

Mungkin kamu pernah diminta untuk jelaskan struktur bahasa teks iklan. Kaidah kebahasaan yang selanjutnya yakni berkesan positif. 

Artinya apa? Setiap produk memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Karena itu, dalam iklan tidak boleh menjelek-jelekkan produk brand lain. Jadi iklan tersebut harus positif dan fokus dengan kelebihan produk sendiri. 

5. Ringkas

Sebutkan 5 kaidah kebahasaan teks iklan! Nah untuk kaidah kebahasaan yang nomor lima adalah ringkas. Maksudnya bagaimana? Jadi teks iklan harus dibuat secara ringkas dan tidak panjang. 

Tujuannya agar iklan jadi lebih mudah untuk dipahami. Selain itu, teks iklan yang ringkas juga memudahkan konsumen mengingat dan membuat kesan tersendiri.

6. Fakta

Terakhir, bahasa iklan harus mengandung fakta. Konsumen paling tidak suka dibohongi. Jadi dalam menyampaikan sebuah iklan, maka harus menjelaskan sesuai dengan fakta. 

Misalnya saja fakta berupa alamat perusahaan yang benar-benar ada, dan produk yang benar-benar ada.

Penutup

Nah itulah Jafarull telah sebutkan kaidah kebahasaan teks iklan secara lengkap. Semoga apa yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url