Unsur-unsur atau Sistematika yang Terdapat Dalam Teks Resensi Adalah?

Unsur-unsur atau Sistematika yang Terdapat Dalam Teks Resensi Adalah
Unsur-unsur atau Sistematika yang Terdapat Dalam Teks Resensi Adalah

JAFARULL.COM - Tahukah kamu, unsur-unsur atau sistematika yang terdapat dalam teks resensi adalah apa saja? Mari simak jawaban yang benar dari Jafarull berikut ini. 

Sebelumnya kamu harus tahu, teks resensi buku merupakan sebuah tulisan yang berisi mengenai ulasan suatu buku. 

Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu recensere yang berarti “melihat kembali”, “menimbang”, atau “menilai”.

Dalam menyusun teks resensi, kamu perlu memperhatikan sistematika. Sistematika resensi adalah sebuah sistem, aturan, atau kerangka untuk menyusun teks resensi agar lebih mudah. 

Banyak sekali contoh sistematika resensi yang bisa kamu baca. Untuk sistematika yang benar, kamu bisa menyimak pembahasan Jafarull berikut ini.

Unsur-unsur Atau Sistematika yang Terdapat Dalam Teks Resensi Adalah

Ada beberapa unsur yang harus ada dalam sebuah resensi buku. Unsur atau sistematika tersebut menjadi patokan agar teks resensi jadi lebih baik. 

Untuk lebih jelasnya, Jafarull telah memaparkan sistematika resensi buku meliputi unsur-unsur berikut: 

1. Judul Resensi

Sistematika resensi buku yang pertama adalah judul resensi. Bagian judul harus dibuat semenarik mungkin agar orang lain bisa tertarik dengan isi resensi.

Bagian judul harus dibuat sesingkat mungkin serta menggambarkan isi dari teks resensi yang kamu buat.

2. Identitas Buku 

Secara umum identitas buku yang diresensi meliputi judul buku, nama penulis, penerbit, tahun terbit, dan jumlah halaman. 

3. Sinopsis atau Isi Buku

Esensi dan sistematika resensi yang berikutnya adalah sinopsis atau ringkasan dari isi buku. Bagian ini akan menjelaskan gambaran umum dari buku. 

4. Kepengarangan

Unsur resensi yang tidak termasuk data publikasi adalah latar belakang penulis. Jadi dalam menulis teks resensi, kamu harus mencari latar belakang penulis dari sumber lain (bukan dari buku yang kamu resensi).

5. Penilaian 

Sistematika yang selanjutnya adalah penilaian. Pada bagian ini kamu bisa menuliskan keunggulan dan kelemahan buku. Kemudian, kamu juga bisa menilai buku tersebut cocok untuk dibaca oleh siapa saja. 

6. Kesimpulan

Terakhir adalah kesimpulan, bagian ini berisi simpulan dari teks resensi yang telah kamu buat. Pada bagian akhir, kamu juga bisa memberikan saran.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu kan, unsur-unsur atau sistematika yang terdapat dalam teks resensi adalah apa saja? Semoga apa yang Jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url