Apakah Manfaat Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi?

apakah manfaat penggunaan sinonim pada teks deskripsi
apakah manfaat penggunaan sinonim pada teks deskripsi

JAFARULL.COM - Tahukah kamu, apakah manfaat penggunaan sinonim pada teks deskripsi? Mari simak pembahasan Jafarull berikut agar kamu bisa tahu jawabannya secara lengkap.

Teks deskripsi merupakan sebuah teks yang menggambarkan suatu objek dengan detail. Tujuan dari teks ini tentunya untuk menggambarkan suatu objek. 

Agar nantinya pembaca bisa mengetahui objek tersebut tanpa harus melihat atau datang secara langsung. 

Pada teks deskripsi terdapat ciri kebahasaan yang harus dipatuhi. Berikut Jafarull telah merangkumnya di bawah ini.

Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi 

Tercatat, ada beberapa ciri kebahasaan dari teks deskripsi. Berikut Jafarull akan sebutkan ciri kebahasaan teks deskripsi antara lain:

1. Menggunakan Majas atau Gaya Bahasa 

Teks deskripsi umumnya selalu menggunakan gaya bahasa. Agar objek yang dideskripsikan jauh lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca. 

Biasanya majas yang sering digunakan yakni majas perbandingan dan majas metafora. Tentunya penggunaan majas akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi dalam teks.

2. Menggunakan Kalimat Rincian 

Ciri kebahasaan teks deskripsi yang selanjutnya adalah menggunakan kalimat rincian. Pada teks ini akan memakai kalimat rincian untuk menjelaskan fisik suatu objek.

3. Menggunakan Kata Ganti Orang

Kata ganti orang adalah sebuah kata yang digunakan untuk mengganti nama orang. Misalnya saja seperti aku, kamu, dia, mereka, ia, kami, dan lain sebagainya.

4. Menggunakan Sinonim

Teks deskripsi juga menggunakan Sinonim. Penggunaan sinonim dimaksudkan untuk menghindari pengulangan kata yang sama. Jadi pembaca tidak akan bosan dengan penjelasan yang ada di dalam teks deskripsi.

5. Menggunakan Bahasa yang Mengandung Panca Indra

Ciri kebahasaan teks deskripsi yang terakhir yakni memakai bahasa yang mengandung panca indera. Jadi pembaca seolah-olah sedang melihat, mendengar, dan merasakan hal yang dideskripsikan.

Apakah Manfaat Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa ada beberapa manfaat penggunaan sinonim dalam teks deskripsi. 

Pertama, sinonim dapat menghindari pengulangan kata. Jadi pembaca tidak akan kebingungan dengan kata yang itu-itu saja. 

Manfaat yang kedua yakni agar pembaca jadi lebih paham tentang isi dari teks deskripsi. Penggunaan kata yang tepat, tentunya bisa membuat pemahaman pembaca jauh lebih baik.

Selain itu, penggunaan sinonim juga sangat bermanfaat untuk membuat alur teks deskripsi jadi lebih bagus. Karena terhindar dari kata-kata yang monoton. 

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, Apa manfaat penyajian teks deskripsi? Manfaatnya yakni untuk mengetahui gambaran mengenai sesuatu seperti tempat, keadaan sekitar, dan lain sebagainya. 

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu apakah manfaat penggunaan sinonim pada teks deskripsi. Kamu juga sudah tahu ciri kebahasaan dari teks deskripsi. Semoga informasi dari Jafarull ini bisa bermanfaat. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url