Arti Kata Panggah dalam Bahasa Jawa Beserta Contohnya

arti kata panggah dalam bahasa jawa
arti kata panggah dalam bahasa jawa

JAFARULL.COM - Tahukah kamu, arti kata panggah dalam Bahasa Jawa adalah apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut agar kamu bisa tahu arti selengkapnya secara tepat dan benar. 

Bahasa Jawa merupakan sebuah bahasa daerah yang digunakan untuk berkomunikasi di pulau Jawa.

Secara umum, dalam penggunaanya, bahasa Jawa dibagi ke dalam 3 tingkatan penggunaan. 

Misalnya saja seperti bahasa jawa ngoko (kasar), bahasa jawa krama alus (halus/sopan), dan bahasa jawa krama inggil (bahasa jawa yang lebih halus/sopan).

Kata-kata bahasa Jawa sering digunakan di media sosial. Salah satu kata yang tengah banyak digunakan adalah kata "panggah". Lantas apa artinya? 

Arti Kata Panggah Dalam Bahasa Jawa

Berdasarkan penelusuran yang Jafarull lakukan, kata "panggah" dalam bahasa Jawa memiliki arti kokoh, tetap, kuat, atau tidak berubah. 

Makna dari kata panggah tentunya akan berbeda sesuai dengan konteks penggunaan kata tersebut. 

Misalnya saja dalam konteks sedang merasakan kebahagiaan, maka bisa memakai kata "Panggah penak" artinya tetap merasakan kenikmatan. 

Kemudian kalau dalam konteks orang yang tidak mau dinasehati. Maka bisa menggunakan kata panggah ngeyel. 

Arti panggah ngeyel adalah tetap ngeyel / nurutin ego sendiri. 

Contoh Penggunaan Kata Panggah

Agar kamu semakin paham dengan kata panggah, kamu bisa menyimak contoh yang telah Jafarull bagikan berikut. 

1. "Panggah los" (bisa digunakan saat ingin merelakan seseorang yang pergi). Arti kata panggah los adalah tetap melepaskan. 

2. "Panggah Dilayani" (bisa digunakan saat ingin mengabdi kepada orang lain, perusahaan, atau negara.) Arti kata panggah dilayani adalah tetap kokoh dalam mengabdi.

3. "panggah pait" (bisa digunakan saat menyampaikan komitmen) Arti panggah pait bahasa Jawa adalah tetap merasakan kepahitan.

4. "Panggah sabar" (bisa digunakan saat hendak merasa ingin terap sabar) Arti dari kata panggah sabar adalah kokoh berpendirian untuk tetap sabar. 

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu arti kata panggah dalam Bahasa Jawa beserta contohnya. Semoga apa yang Jafarull bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url