Berbakti Kepada Orang Tua dalam Bahasa Arab Disebut Dengan Istilah?

berbakti kepada orang tua dalam bahasa arab disebut dengan istilah
berbakti kepada orang tua dalam bahasa arab disebut dengan istilah

JAFARULL.COM - Dalam hidup, kita wajib berbakti kepada kedua orang tua. Berbakti kepada orang tua dalam bahasa arab disebut dengan istilah apa? Mari simak pembahasan Jafarull berikut agar kamu tahu jawaban yang tepat dan benar.

Setiap manusia yang terlahir ke dunia, tentu memiliki orang tua. Kedua orang tua merawat dan membesarkan kita hingga menjadi manusia yang berakhlak. 

Tanpa adanya orang tua, maka kita tidak akan pernah mendapatkan kehidupan yang layak. Mengingat orang tua lah yang telah memberikan kasih sayang dan tulus merawat kita semua.

Berbakti Kepada Orang Tua dalam Bahasa Arab Disebut Dengan Istilah?

Setelah Jafarull telusuri lebih dalam, ternyata berbakti kepada kedua orang tua dalam Bahasa Arab disebut dengan istilah Al Birri

Kata Al Birri berarti kebaikan atau kebajikan. Dari kata tersebut maka, berbakti kepada orang tua disebut dengan istilah birrul walidain

Birrul memiliki arti perbuatan baik atau kebaikan, sedangkan kata al walidain berarti orang tua. Jadi ketika digabungkan maka perbuatan baik kepada kedua orang tua.

Kewajiban berbakti kepada orang tua berlaku hingga anak meninggal. Jadi meskipun orang tua telah meninggal, kita sebagai seorang anak wajib berbakti dengan cara mendoakan orang tua.

Anjuran Berbakti Kepada Orang Tua dalam Islam

Seperti yang telah Jafarull sampaikan sebelumnya, Hormat atau berbakti kepada kedua orang tua disebut birrul walidain. 

Kita wajib menaati kedua orang tua yang masih hidup dan mendoakan orang tua yang telah meninggal. 

Dalam ajaran islam, berbakti kepada orang tua hukumnya adalah wajib. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an surat Luqman ayat 14 yang berbunyi sebagai berikut. 

وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسٰنَ بِوَالِدَيۡهِ‌ۚ حَمَلَتۡهُ اُمُّهٗ وَهۡنًا عَلٰى وَهۡنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِىۡ عَامَيۡنِ اَنِ اشۡكُرۡ لِىۡ وَلِـوَالِدَيۡكَؕ اِلَىَّ الۡمَصِيۡرُ

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu," (Q.S. Luqman: 14).

Dari ayat di atas sebenarnya sudah sangat jelas bahwa kita diperintahkan oleh Allah untuk berbuat baik kepada kedua orang tua

Karena orang tua telah merawat dan mendidik kita hingga menjadi seperti sekarang ini. Kita wajib berterima kasih kepada kedua orang tua dan bersyukur kepada Allah.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu berbakti kepada orang tua dalam bahasa arab disebut dengan istilah apa? Kamu juga tahu dasar perintah untuk berbakti. Semoga informasi dari Jafarull ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url