Di Bawah ini Struktur Dari Teks Laporan Hasil Observasi Adalah?

Di bawah ini struktur dari teks laporan hasil observasi adalah
Di bawah ini struktur dari teks laporan hasil observasi adalah

JAFARULL.COM - Di bawah ini struktur dari teks laporan hasil observasi adalah apa saja? Mari simak pembahasan Jafarull berikut agar kamu bisa tahu jawaban yang tepat dan benar secara lengkap. 

Teks laporan hasil observasi merupakan sebuah teks yang berisi mengenai informasi atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). 

Biasanya, teks Laporan hasil observasi disebut juga teks klasifikasi karena berisi klasifikasi tentang jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk melaporkan hasil observasi secara sistematis dan objektif. Selain itu, teks ini juga bisa bertujuan untuk memecahkan masalah dengan hipotesis pengamatan. 

Lantas apa saja struktur dari teks laporan hasil observasi? Mari simak pemaparan Jafarull berikut ini. 

Di Bawah ini Struktur Dari Teks Laporan Hasil Observasi Adalah

Secara umum dalam teks observasi ada tiga struktur, yakni pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.

Berdasarkan literasi yang Jafarull baca, yang termasuk struktur dari teks laporan hasil observasi adalah Penyataan umum dan aspek yang dilaporkan

Pernyataan umum merupakan bagian awal yang berisi gambaran umum dari objek yang diamati. 

Sementara aspek yang dilaporkan (deskripsi bagian dan manfaat) merupakan pemaparan lebih rinci terkait objek yang diamati. Jadi bagian ini akan dijelaskan secara mendalam. 

Dalam teks laporan hasil observasi, informasi harus disampaikan secara nyata atau sesuai dengan fakta dan data yang ada.  

Jadi penulis tidak boleh menyampaikan apa yang tidak sesuai dengan kenyataan dari objek tersebut. 

Objek yang diamati dalam pembuatan teks laporan hasil observasi haruslah objek ganda. Karena dalam teks ini objek bersifat umum. Sehingga membahas secara keseluruhan dari objek tersebut secara umum. 

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi 

Agar lebih jelasnya, Jafarull akan sebut dan jelaskan struktur teks laporan hasil observasi secara lengkap berikut ini. 

1. Pernyataan Umum

Pertama, bagian pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan merupakan struktur dari teks laporan hasil observasi. 

Dalam teks laporan hasil observasi tahap pernyataan umum atau klasifikasi merupakan bagian yang berisi mengenai gambaran umum tentang objek yang diamati. 

Misalnya saja observasi tentang kopi Arabika. Maka pada bagian pernyataan umum akan berisi ulasan singkat tentang kopi arabika (bisa nama latinnya, asalnya, dan lain sebagainya).

2. Deskripsi Bagian

Seperti yang telah Jafarull singgung sebelumnya, pada deskripsi bagian akan berisi mengenai pemaparan secara rinci tentang objek hal yang dilaporkan. Misalnya saja seperti ciri-ciri, fisik, dan habitat, makanan, dan lain sebagainya. 

Kaidah kebahasaan yang dipakai pada struktur teks laporan hasil observasi ini yaitu memakai istilah dalam bidang ilmu tertentu. Misalnya menggunakan kata simbiosis.

3. Deskripsi Manfaat 

Bagian terakhir adalah deskripsi manfaat atau yang biasa disebut dengan bagian penutup. Dinamakan penutup karena merupakan bagian terakhir dari teks observasi

Secara umum, pada bagian ini akan berisi mengenai kesimpulan atau pemaparan penulis mengenai kegunaan, kelebihan, serta manfaat dari obyek yang diobservasi.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu jawaban dari soal di bawah ini struktur dari teks laporan hasil observasi adalah apa? Semoga apa yang Jafarull bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url