Doa Iftitah Allahumma Baid Baini Lengkap Beserta Latin dan Artinya

doa iftitah allahumma baid baini
doa iftitah allahumma baid baini

JAFARULL.COM - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan membagikan bacaan doa iftitah allahumma baid baini lengkap beserta artinya. Kamu bisa menyimak artikel ini hingga selesai. 

Doa iftitah Allahumma Baid merupakan salah satu doa iftitah yang bisa kita baca ketika melaksanakan Sholat.

Bacaan tersebut sering disebut sebagai Doa iftitah Muhammadiyah. Karena memang warga Muhammadiyah mengamalkan doa iftitah tersebut untuk sholat. 

Sehingga banyak orang yang menganggap bahwa doa tersebut adalah Iftitah-nya Muhammadiyah. 

Bacaan Sholat Lengkap Allahumma Baid Baini ini perlu kita ketahui. Agar nantinya bisa melaksanakan sholat sesuai dengan anjuran Nabi. 

Doa Iftitah Allahumma Baid Baini

Seperti yang kita tahu, doa iftitah merupakan bacaan yang berisi pujian terhadap Allah Swt. Doa ini dibaca setelah selesai takbiratul ihram dan sebelum membaca surat al fatihah.

Cara membaca doa iftitah harus lirih atau tidak bersuara keras (hanya diri sendiri yang dengar). 

Aturan ini berlaku untuk seorang imam sholat maupun makmum. Berkut Jafarull akan paparkan doa iftitah allahuma baid lengkap dengan latin dan artinya:

Doa Iftitah Allahumma Baid Arab

اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَايَاىَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ . اللَّهُمَّ نَقِّنِى مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ . اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Doa Iftitah Allahumma Baid Latin

Allaahumma baa’id bainii wa baina khathaayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib. allaahumma naqqinii minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadlu minad danas. allaahummaghsil khathaayaaya bil maa-i wats tsalji wal barad”

Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah aku dari kesalahan dan dosa-dosaku sebagaimana engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan dan dosa-dosaku sebagaimana bersihnya pakaian putih dari kotoran. Ya Allah cucilah (bersihkanlah) aku dari dosa-dosaku dengan air, salju dan embun.”

Sekedar informasi, agar kamu lebih mudah menghafalnya, kamu bisa baca tulisan latinnya. 

Kemudian sembari membaca tulisan Arabnya, kamu bisa mendengarkan bacaan doa iftitah tersebut. 

Penutup

Demikian doa iftitah allahumma baid baini yang telah Jafarull sampaikan. Sekarang kamu bisa menghafalkannya dengan mudah. Semoga apa yang Jafarull bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url